Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Tips dan Trik Bisnis » 4 Tips Utama Untuk Menjadi Konsultan IT Yang Profesional

4 Tips Utama Untuk Menjadi Konsultan IT Yang Profesional

Posted at October 10th, 2016 | Categorised in Tips dan Trik Bisnis

Teknologi kini makin berkembang pesat, pada masa sekarang apa yang tidak dikomputerisasi? Mulai dari system pembayaran online, internet banking, jaringan komputer perusahaan dan lain-lain. Kemajuan teknologi ini akhirnya memunculkan peluang baru sebagai seorang konsultan di bidang Teknology Informasi.

Seorang konsultan IT bergerak dibidang jasa yang memberikan informasi dan solusi terhadap masalah system technology yang dimiliki klien. Sebab Teknologi Informasi kini makin sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, hukum dan lain-lain.

 

peluang bisnis usaha konsultan it

 

Sebagai seorang konsultan IT dan mengetahui banyak tentang teknologi komputer atau gadget Anda dapat mendirikan sebuah biro konsultan IT sendiri atau bergabung dengan perusahaan konsultan IT. Contoh perusahaan konsultan IT ternama adalah Accenture, Cambridge Technology Partners dan lain-lain. Anda dapat mencarinya di Google baik perusahaan lokal maupun bertaraf internasional.

Sebagai gambaran, seorang konsultan IT menangani beberapa proyek sebagai berikut :

  1. Membuat dan menguji system internet banking sebuah bank
  2. Instalasi dan troubleshooting modul
  3. Membangun dan me maintain jaringan
  4. Membuat layanan komputer untuk perusahaan dan lain-lain.

Ada beberapa tips yang Anda harus perhatikan bila ingin menjadi seorang konsultan IT, selain menguasai ilmu yang didapat dari bangku sekolah khusus IT, bisa di dapat dari SMK jurusan IT atau perguruan tinggi jurusan IT, Anda dapat menambah pengtahuan Anda dengan mengikuti seminar, kursus atau kelas khusus. Selain itu, hanya orang-orang yang memiliki passion dibidang IT yang dapat berprestasi atau mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan. Namun jangan pesimis, karena bisnis konsultan IT akan selalu dibutuhkan seiring dengan kemajuan teknologi digital.

4 Tips utama yang harus Anda perhatikan untuk menjadi konsultan IT yang baik adalah :

 

  1. Miliki wawasan dan ketrampilan di bidang Informasi Technology

Selalu mengupdate pengetahuan system dan program computer melalui seminar, kelas training khusus atau membaca buku-buku terbaru tentang IT akan membantu Anda mendapatkan peningkatan wawasan dan pengetahuan. Bila perlu Anda dapat membuat sebuah mailinglist atau komunitas sebuah grup bisnis konsultan IT agar dapat saling bertukar informasi yang bisa menambah pengetahuan Anda. Sebab seorang konsultan IT harus menguasai teknologi terbaru, menguasai berbagai macam proses bisnis tertentu, memperdalam solusi software dan menguasai penulisan dokumen dengan baik.

 

2. Memiliki perangkat komputer dan jaringan internet

Untuk menjadi seorang konsultan IT, Anda tentunya harus memiliki komputer yang cukup baik agar dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan IT dari para klien, selain itu Anda juga akan memerlukan jaringan internet yang cukup baik dan cepat untuk dapat berkomunikasi dan online dengan klien. Juga untuk mendownload program terbaru atau informasi terbaru tentang IT.

 

3. Seorang konsultan IT dapat bergabung dengan sebuah perusahaan konsultasi IT dan berkantor di suatu tempat. Namun bila Anda ingin memiliki bisnis konsultan IT mandiri, Anda dapat menyewa ruko sebagai kantor atau membuat kantor sendiri di rumah. Sediakan tempat yang nyaman dimana Anda bisa bekerja dengan baik dan sebagai tempat bertemu dengan klien Anda. Ini akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Meski judulnya ngantor di rumah, namun kesan profesional, penampilan dan cara berbicara menghadapi klien juga harus diperhatikan

 

4. Portofolio

Jangan abaikan proyek IT yang pernah Anda kerjakan sekecil apapun itu. Sebab sebagai seorang konsultan IT Anda perlu memiliki catatan atau dokumentasi tentang proyek apa saja yang pernah Anda kerjakan, hal ini dapat menambah kepercayaan calon klien untuk menggunakan jasa Anda. Bila hasilnya memuaskan, dapat di pastikan dia akan kembali mencari Anda untuk menyelesaikan masalah IT yang ia hadapi dan merekomendasikan Anda kepada orang lain.

Demikian informasi tentang tips menjadi konsultan IT, semoga Anda dapat memanfaatkan pengetahuan yang Anda miliki untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan teknologi yang dialami oleh klien.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 4 Tips Utama Untuk Menjadi Konsultan IT Yang Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha importir barang
Peluang Bisnis Importir Barang Dan Keuntungannya

Salah satu peluang bisnis dengan untung besar adalah bisnis importir barang, utamanya dari...

Close