Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Ide Usaha » 5 Cara Menentukan Ide Bisnis Yang Tepat

5 Cara Menentukan Ide Bisnis Yang Tepat

Posted at October 1st, 2016 | Categorised in Ide Usaha

Ingin memiliki bisnis sebagai tambahan penghasilan? Atau ingin menjadikan bisnis menjadi sumber penghasilan utama dan berhenti bekerja sebagai karyawan?

Banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri namun masih bingung, kira-kira bisnis apa yang cocok untuk dijalankan dan minim modal serta kerugian. Padahal sebenarnya semua bisnis mengandung resiko kerugian sekaligus membutuhkan modal. Jadi tidak perlu terlalu khawatir memikirkan kegagalan dan kerugian, nanti kelamaan memulai berbisnisnya hehe..

Untuk berbisnis memang diperlukan pengetahuan dan kejelian menangkap peluang usaha yang dapat memberikan hasil. Untuk itu Anda dapat mengikuti berbagai kursus atau training kelas bisnis atau rajin membaca buku tentang bisnis, browsing berbagai artikel bisnis lewat internet dan segera action alias praktek ilmu yang sudah kita dapat.

 

cara menemukan ide bisnis yang tepat

 

Pada dasarnya menemukan ide bisnis itu tidak terlalu susah, tinggal kita saja yang harus pasang mata pasang telinga mengamati kehidupan di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa tips cara menentukan ide bisnis, yaitu :

  1. Apa yang menjadi hobi kita?

Banyak bisnis yang berawal dari hobi yang kita miliki. Ada yang membuka bisnis kuliner karena hobi memasak dan membuat kue, bisnis persewaan buku dan jual beli buku bekas berawal dari hobi membaca. Bengkel dan salon mobil hanya karena hobi otak-atik kendaraan, hobi mendesain baju memunculkan ide bisnis di bidang fashion dan lain sebagainya. Ide bisnis bisa berasal dari sesuatu yang mudah dan dekat dengan kehidupan kita sendiri.

 

  1. Bisnis yang datang dari masalah kita dan masalah orang lain

Pernah membayangkan bagaimana bisnis transportasi Go-Jek berawal ? Dari kebutuhan transportasi yang cepat, murah dan efisien. Dahulu kita harus mendatangi pangkalan ojek agar dapat bertemu tukang ojek, barulah kita menggunakan jasanya untuk mengantar kita ke tempat yang kita inginkan. Sekarang, dengan aplikasi Go-Jek lewat smartphone kita dapat memanggil tukang ojek untuk mengantar kita atau mengantar barang pesanan kita. Jadi, masalah ternyata dapat mengundang ide bisnis yang dapat kita jalankan , selain memberikan solusi juga rejeki.

 

  1. Amati trend

Untuk memulai bisnis, kita dapat melihat trend yang terjadi di masyarakat dan apa yang sedang menjadi topik hangat. Masih ingat kasus kopi sianida oleh Jessica dan menewaskan Mirna sahabatnya sendiri ? karena peristiwa tersebut, minuman kopi makin populer di kalangan masyarakat. Banyak orang kini yang tidak hanya sekedar menikmati kopi namun juga mempelajari cara pengolahan, cara penyajian kopi yang benar dan menarik untuk dihidangkan. Maka makin bermunculanlah usaha warung kopi, café dan tempat nongkrong anak muda dengan kopi sebagai menu utama.

Bahkan di Surabaya seorang penggemar kopi menciptakan merk kopi Jessica Coffemix  meski sempat heboh di sosial media namun kopi tersebut laku keras dengan memanfaatkan sidang kasus kopi beracun yang hingga kini belum terpecahkan kasusnya.

Selain kopi, Anda dapat mengamati trend fashion baik untuk laki-laki atau perempuan. Atau bisnis batu mulia yang dikenal dengan nama akik yang sempat booming di tanah air.

 

  1. Meniru bisnis orang yang sudah lebih dulu sukses

Anda mungkin terinspirasi kesuksesan orang lain dalam bisnisnya dan ingin memiliki bisnis serupa. Mengapa Anda tidak belajar saja dari orang yang bersangkutan? Biasanya orang-orang yang sukses dalam berbisnis tidak segan berbagi ilmunya melalui kelas bisnis yang dibukanya. Anda dapat menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk mempelajari sistem dan cara berbisnis orang tersebut. Gunakan metode ATM atau AMATI, TIRU dan MODIFIKASI untuk mengcopy paste  kesuksesan orang tersebut.

 

  1. Mencari peluang bisnis yang belum pernah dijalankan orang lain.

Anda mungkin ingin memiliki bisnis yang benar-benar belum pernah dijalankan oleh orang lain baik dalam bidang kuliner, fashion, otomotif dan lain-lain. Yang pasti, pada saat Anda memikirkan ide bisnis yang ingin Anda jalankan, Anda harus mengetahui bahwa bisnis ini kelak dapat memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah customer, kreatif, dan tidak memerlukan biaya terlalu banyak untuk pemasarannya. Karena bila produk atau jasa Anda memang sangat dibutuhkan orang, maka dengan sendirinya bisnis Anda tersebut akan mudah dalam penjualan dan tentunya Anda akan menjadi orang yang sukses dalam bisnis Anda sendiri.

 

Jadi, sudahkah Anda menemukan ide bisnis untuk dijalankan hari ini ?

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 5 Cara Menentukan Ide Bisnis Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis-usaha-katering
5 Tips Berbisnis Catering Untuk Event

Salah satu bisnis yang tetap akan selalu ada meski sedang terjadi krisis adalah...

Close