Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Tips dan Trik Bisnis » 5 Tips Berbisnis Catering Untuk Event

5 Tips Berbisnis Catering Untuk Event

Posted at September 30th, 2016 | Categorised in Tips dan Trik Bisnis

Salah satu bisnis yang tetap akan selalu ada meski sedang terjadi krisis adalah bisnis kuliner baik dalam skala kecil maupun besar. Dan bisnis kuliner yang akan selalu dibutuhkan adalah katering makanan untuk event, mengapa? Karena orang Indonesia gemar mengadakan acara atau event, dari acara pernikahan, ulang tahun, peringatan kematian ( 7 hari, 40 hari, 100 hari, dan lain-lain ), aqiqah, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang gemar memasak, maka bisnis katering untuk event ini adalah sebuah peluang usaha kuliner yang wajib Anda coba. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan untuk dapat membuka usaha katering event ini ?

 bisnis-usaha-katering

 

Berikut adalah  5 tips berbisnis katering untuk event, yaitu :

 

1. Menyiapkan modal.

Untuk skala yang masih kecil seperti peringatan upacara kematian, ulang tahun dan aqiqah yang jumlah pesanannya hanya berkisar 100 kotak nasi, Anda masih dapat menggunakan peralatan dapur yang Anda miliki. Untuk belanja bahan makanan, Anda dapat menyiapkan dana sekitar 500 ribu hingga 2 juta tergantung jenis makanan yang dipesan. Dapur yang akan Anda gunakan harus nyaman, rapi dan bersih. Lakukan juga estimasi harga per kotak agar Anda tahu berapa modal yang Anda butuhkan dan keuntungan yang akan didapat nantinya. Bila order yang Anda dapat lebih besar, Anda dapat membeli peralatan dapur tambahan atau meminjam. Bagi pebisnis kuliner, peralatan dapur adalah bentuk investasi jadi sisihkan keuntungan untuk membeli peralatan.

 

2. Menyiapkan ketrampilan memasak.

Bila Anda hobi memasak dan dapat membuat banyak jenis makanan yang biasanya dipesan untuk katering event tentu akan sangat mudah namun bila tidak, Anda dapat bekerja sama dengan orang lain yang dapat memenuhi pesanan tertentu yang tidak dapat Anda lakukan. Selain itu Anda juga harus pandai memilih bahan dengan mutu yang standar bahkan yang terbaik agar tidak mengecewakan pelanggan. Tak jarang karena ingin mendapatkan untung yang banyak beberapa usaha katering membeli bahan yang murah dan berkualitas buruk yang disulap dengan penampilan yang bagus namun rasa tidak karuan, hal seperti ini harus Anda hindari agar tidak menyebabkan kerugian bagi reputasi Anda sebagai pemilik bisnis katering event. Karena reputasi adalah jaminan bagi kesuksesan bisnis katering Anda. Promosi bisnis ini biasanya terbanyak melalui mulut ke mulut, maka bila pelanggan Anda puas, dia akan merekomendasikan Anda kepada orang lain yang membutuhkan. Meski bahan yang digunakan harus berkualitas, namun jangan sampai Anda salah berhitung dan mengalami kerugian.

 

3. Memiliki langganan supplier bahan makanan.

Agar Anda dapat memperoleh bahan dengan kualitas baik dan harga yang murah, sebaiknya Anda mulai mencari supplier bahan makanan yang dapat menyediakan bahan yang Anda inginkan dengan harga murah apalagi bila yang Anda butuhkan sangat banyak, misalnya untuk katering event pernikahan dengan jumlah undangan diatas 100 orang. Tak jarang untuk beberapa bahan makanan Anda harus berbelanja di banyak tempat, misanya daging sapi kualitas baik dan harga murah ada di pasar A, sementara sayuran terbaik ada di pasar B  dan lain-lain.

 

4. Miliki mental yang kuat.

Dalam semua bisnis pasti ada halangan dan rintangan, karena itu milikilah mental yang kuat untuk menjalankan bisnis katering event ini. Khusus dalam bisnis kuliner bisa terjadi bermacam-macam hal yang dapat memberikan keuntungan atau kerugian, misalnya naik turunnya harga bahan makanan sementara Anda terlanjur memberikan harga lama untuk per kotak makanan atau per paket makanan yang dipesan. Kadang pula tanpa diduga makanan yang telah dibuat dan hampir diantar ke pemesan rusak atau basi sehingga Anda harus mengganti, atau karena salah perhitungan jumlah bahan yang dimasak tidak pas dengan jumlah pesanan dan Anda harus memasak lagi.

 

5. Promosi.

Lakukan promosi dengan menyebarkan brosur, melalui sosial media dan lain-lain. Buatlah foto yang menarik bahkan bila perlu sewa foodblogger untuk memfoto produk Anda dan menulis reviewnya. Anda juga dapat meminta pelanggan yang pernah memesan dan puas dengan produk Anda untuk memberikan testimoni atau merekomendasikannya kepada orang lain yang membutuhkan. Karena itulah penting bagi Anda untuk selalu menjaga kualitas makanan, variasi makanan dan harga yang tidak terlalu mahal agar semakin banyak orang yang mengunakan jasa Anda.

Demikian sekelumit informasi tentang bisnis katering event, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda yang sedang memulai bisnis katering dan bisnis kuliner.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 5 Tips Berbisnis Catering Untuk Event

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha rental mobil
Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil Dan Keuntungannya

Meski kini transportasi publik makin nyaman dan tersedia banyak pilihan, namun kebutuhan kendaraan...

Close