Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Online Bisnis » 6 Penyebab Gagal Berbisnis Online Yang Harus Kamu Ketahui

6 Penyebab Gagal Berbisnis Online Yang Harus Kamu Ketahui

Posted at September 13th, 2016 | Categorised in Online Bisnis

Ada kalanya kita harus menghadapi kenyataan bahwa kita gagal dalam menjalankan online bisnis. Meskipun demikian kegagalan ini bukanlah sesuatu yang patut kita sesalkan tetapi perlu kita evaluasi lagi supaya untuk ke depan ada perbaikan. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi kesalahan dan menginventarisir jenis kesalahan supaya kita bisa antisipasi. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja yang menyebabkan bisnis online yang dilakukan umunya mengalami kegagalan, Berikut adalah 6 penyebab online bisnis Sering Gagal dijalankan.

 

1. Menawarkan Produk yang Tak Diminati Pasar

Penyebab pertama kita gagal dalam online bisnis adalah karena menjual produk yang tidak diminati oleh banyak orang. Ini bisa kita jalani apabila kita memilih jenis bisnis online seperti penjualan langsung atau bisnis affiliate program. Untuk mendapatkan konsumen sudah barang tentu kita harus menawarkan produk yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang. untuk menghindari kegagalan yang sama Anda disarankan untuk mempertimbangkan kembali produk apa yang akan Anda tawarkan.

 

2. Produk yang Anda Tawarkan Tidak Harus Mewah

Konsumen tidak mencari sesuatu yang mewah, namun mereka akan membeli jika mereka merasa membutuhkan produk Anda. Bisa saja Anda memproduksi dan menjual produk kebutuhan sehari-hari yang hanya membutuhkan modal kecil. Anda tidak perlu khawatir meskipun modal dan produk Anda biasa-biasa saja. Yang terpenting adalah Anda mendapatkan transaksi dengan frekuensi yang tinggi karena ini artinya produk Anda laku dan Anda mendapatkan profit dari situ.

 

4. Menjual Produk Yang Berbahaya  

Salah satu dari 6 penyebab bisnis online sering gagal adalah karena kita mungkin menjual produk yang sebenarnya terlalu berbahaya. Berbahaya disini bisa memiliki beberapa makna. bisa jadi produk tersebut membahayakan fisik dan keselamatan konsumen atau bisa jadi berbahaya karena melanggar hukum. Obat kimia misalnya kerap kali dtawarkan dengan slogan produk herbal namun tidak banyak yang berminat karena mereka meragukan keamanan produk tersebut, bahkan ada juga yang meragukan keasliannya. konsumen saat ini semakin cerdas. dengan terbukanya system informasi seperti sekarang, menawarkan produk-produk tidak jelas seperti itu justru akan meruntuhkan reputasi Anda di dunia online. Apalagi jika kita sadari bahwa di dunia bisnis online reputasi seseorang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usahanya. sedikit saja mereka teledor, reputasi yang telah dibangun selama bertahun-tahun bisa seketika runtuh hanya dalam waktu semalam.

 

kegagalan-online-bisnis

Image From : www.entrepreneur.com

 

5. Kurangnya Pemasaran

Penyebab lain online bisnis sering gagal lainnya mungkin bisa jadi karena kesalahan kita sendiri. Kita tidak rajin dalam melakukan pemasaran. Siapapun tahu bahwa produk sulit untuk terjual apabila kita tidak menawarkan ke konsumen. demikian pula apabila kita menjualnya secara online. Kita perlu rajin-rajin menawarkan produk kita. Ada banyak cara untuk menawarkan produk kita secara online karena kita bisa menawarkannya ke website, blog, atau bahkan ke media social secara cuma-Cuma.

 

5. Bahasa  (Call To Action)

Bahasa bisa menjadi salah satu dari penyebab Bisnis Online kita gagal.  Tak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya bahasa yang digunakan terlalu rumit sehingga justru membingungkan calon konsumen. Bahasa yang kita gunakan selayaknya adalah bahasa yang sederhana, sopan dan menarik. Kita tidak pernah tahu konsumen kita dari golongan apa jadi disarankan menggunaka bahasa yang mudah dipahami. Kurang fokus dan mudah menyerah dalam menjalankan bisnis online kita harus fokus pada satu bisnis terlebih dahulu karena kalau kita menjalankan banyak bisnis sekaligus maka konsentrasi akan terpecah akibatnya tidak berjalankan dengan baik. kemudian seseorang yang mudah menyerah akan mengalami kegagalan sebab ketika menemui sebuah masalah dia akan akan putus asa.

 

6. Pentingnya Menjaga Kepercayaan Konsumen

Penyebab yang terakhir adalah karena kita gagal menjaga kepercayaan. Kepercayaan adalah segala-galanya dalam bisnis online jadi apabila kita tidak konsisten dengan produk, layanan maupun jadwal maka jangan harap kita bisa mempertahankan online bisnis kita. Apabila kita tidak bisa menjaga kepercayaan konsumen maka mereka akan lari dan tidak mau lagi belanja produk yang ditawarkan. Itulah beberapa penyebab bisnis online yang kita jalankan sering gagal yang dapat kami sampaikan, Mungkin masih ada penyebab lainnya. untuk itu Anda harus bisa menganalisa sendiri penyebab  online bisnis Anda mengalami kegagalan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 6 Penyebab Gagal Berbisnis Online Yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis-usaha-tiket-online
Hoby Travelling? Jadi Agen Tiket Online Aja

Anda suka jalan-jalan ? Pernah kesulitan mendapatkan tiket pesawat, kereta api dan susah...

Close