Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Strategi Bisnis » 7 Kesalahan Strategi Pemasaran Yang Tidak Kamu Sadari

7 Kesalahan Strategi Pemasaran Yang Tidak Kamu Sadari

Posted at September 14th, 2016 | Categorised in Strategi Bisnis

Hampir semua bisnis, baik kecil ataupun besar, umumnya pernah melakukan tujuh kesalahan strategi pemasaran Baik disengaja ataupun tidak disengaja, tujuh kesalahan strategi pemasaran tersebut akan selalu ditemukan dan terulang kembali terutama bagi bisnis yang sedang tumbuh dan berkembang. Namun begitu, tidak tertutup kemungkinan jumlah kesalahan strategi pemasaran yang dilakukan lebih banyak daripada yang sering terjadi pada umumnya. pertanyaannya, kira-kira apa saja tujuh kesalahan strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis? Bagaimana cara menghindari tujuh kesalahan strategi pemasaran tersebut? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Terlalu banyak strategi

Kesalahan pertama dari tujuh kesalahan strategi pemasaran yang ada yaitu adalah karena terlalu banyak strategi pemasaran yang diterapkan. Walaupun mempunyai beberapa pilihan strategi pemasaran itu baik, namun intinya adalah fokus mengambil strategi yang terbaik yang bisa diterapkan dan jalankan.  Pemasaran sendiri mempunyai fungsi taktis, yaitu bagaimana caranya mendatangkan prospek yang berkualitas, dan yang ke kedua adalah memberikan informasi yang memudahkan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Jadi, setelah Anda menentukan strategi pemasaran yang paling tepat, jalankan strategi tersebut untuk mendapatkan prospek yang berkualitas baik dan juga memberikan informasi yang memadai kepada calon pelanggan. Kesimpulannya adalah, alih-alih menerapkan semua strategi yang ada, fokuskan pada satu strategi yang paling tepat agar Anda terhindar dari tujuh kesalahan strategi pemasaran yang sering dilakukan.

2. Terlalu banyak jargon dan slogan

Poin kedua adalah terlalu banyak istilah serta slogan yang dikomunikasikan kepada para pelanggan dan calon pelanggan. seperti yang telah disinggung diatas, bahwa salah satu fungsi taktis dari pemasaran adalah memberikan informasi yang akan memudahkan pelanggan atau calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Sekarang, bagaimana mungkin pelanggan dan calon pelanggan dapat menerima informasi yang Anda berikan jika mereka dijejali dengan berbagai macam slogan dan istilah-istilah yang kelewat canggih? Pesan yang hendak Anda sampaikan malah akan membingungkan mereka yang pada akhirnya mereka tidak jadi membeli produk yang Anda tawarkan. Inilah kesalahan kedua dari tujuh kesalahan strategi pemasaran. Solusinya? Komunikasikan pesan yang hendak Anda sampaikan dengan bahasa yang simpel dan mudah dimengerti.  Sesederhana mungkin

3. Menentukan prioritas yang salah

Dan yang point ketiga adalah salah menentukan prioritas. Maksudnya begini. Para pebisnis seringkali berasumsi bahwa produk yang berkualitas buruk sekalipun jika dipasarkan dengan strategi pemasaran yang baik akan mampu menutupi keburukannya dan menghasilkan penjualan.  Benarkah demikian? Tidak. bahkan seringkali produk yang berkualitas buruk dipadukan dengan strategi pemasaran yang bagus malah akan semakin memperkuat citra buruk dari produk tersebut. Mengapa?  Karena pesan yang disampaikan melalui komunikasi pemasaran tersebut akan semakin memperjelas ketidaksesuaian pesan dengan kondisi nyata produk yang dikomunikasikan.

Seharusnya, prioritas utama yang harus dilakukan adalah memperbaiki produk tersebut terlebih dahulu sebelum dikomunikasikan ke calon pelanggan. Ingat, jika produk Anda bukan merupakan yang terbaik di bidangnya, bukan yang terbaik di daerah penjualannya, bukan merupakan produk yang unik dibanding produk pesaingnya, maka sudah sepatutnya Anda curahkan energi Anda 100% untuk memperbaiki produk tersebut, bukan berusaha memasarkannya. Hanya dengan cara ini Anda akan terhindar dari kesalahan strategi pemasaran.

4. Salah menetapkan parameter keberhasilan strategi pemasaran

Menetapkan ukuran keberhasilan strategi pemasaran yang salah. seringkali, kegiatan pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis meliputi hal-hal seperti menyebar brosur, membuat iklan di berbagai media, mengikuti berbagai macam pameran dan lain sebagainya. Dan biasanya, kegiatan tersebut akan menjadi ukuran kesuksesan sebuah strategi pemasaran yang dijalankan.  

Jika berhasil mendatangkan banyak calon pelanggan maka strategi pemasaran itu akan dianggap berhasil. Padahal, tujuan dari aktivitas pemasaran itu sendiri adalah untuk mendatangkan prospek yang berkualitas, yang mana dari prospek tersebut akan menghasilkan penjualan. Inilah yang seharusnya menjadi ukuran keberhasilan dari sebuah strategi pemasaran agar tidak terjebak oleh kesalahan. yaitu mendatangkan prospek yang mampu menghasilkan penjualan dari kegiatan pemasaran yang dilakukan. Bukan hanya sekadar mendatangkan tanpa menghasilkan penjualan. Karenanya, fokuskan kegiatan pemasaran agar bisa mendatangkan prospek yang berkualitas dan mampu menghasilkan penjualan.

kesalahan-dalam-bisnis-usaha

Image From : http://smallbiztrends.com/

 

5. Tidak mampu mendefinisikan prospek yang berkualitas

Jika Anda menganggap bahwa semua prospek berkualitas sama dan mampu menghasilkan penjualan, maka Anda telah melakukan salah satu kesalahan. Tidak semua prospek berkualitas baik.  jika Anda tidak mampu mendefinisikan kualifikasi prospek yang Anda inginkan, maka hal tersebut akan menimbulkan biaya pemasaran yang tinggi. Agar prospek yang Anda dapat dengan susah payah mampu menghasilkan penjualan bagi bisnis Anda, tentukan dengan jelas definisi prospek yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Jika telah jelas, bisnis Anda akan mampu menghasilkan penjualan dan Anda terhindar dari masalah masalah yang ada.

6. Berlebihan dalam memproduksi material promosi

Kesalahan ini mungkin terlihat remeh, namun ini adalah salah satu kesalahan strategi yang sering dilakukan. yaitu terlalu berlebihan dalam memproduksi material promosi seperti spanduk yang canggih, brosur yang mewah, situs yang cantik dan sejenisnya. Ingatlah bahwa tidak semua pelanggan akan terkesan dengan materi promosi yang mewah tersebut. dalam jangka pendek mungkin mereka akan terkesan. Namun dalam jangka panjang produk Anda akan cepat dilupakan seiring dengan munculnya berbagai material promosi produk-produk lain yang lebih canggih.

Lantas bagaimana caranya untuk membuat mereka terkesan? Yang jelas isi pesan dari material promosi  yang Anda buat harus mampu menawarkan solusi yang mendatangkan manfaat yang jelas bagi mereka. Hal itulah yang akan membuat materi promosi Anda cepat melekat kuat pada benak konsumen dalam jangka waktu yang cukup lama. Karenanya, jangan terjebak pada material promosi yang canggih dan mewah.  Tekankan ke konsumen akan manfaat yang nyata dari produk yang Anda tawarkan.

7. Tidak adanya rencana proses penjualan

Dan kesalahan terakhir adalah tidak adanya rencana proses penjualan. Apa gunanya proses penjualan? ibarat pilot yang menerbangkan pesawat tapi tidak mempunyai rencana penerbangan yang jelas, Anda mungkin bisa mendarat dengan selamat, namun bukan di tempat yang Anda inginkan. Begitu juga dengan proses penjualan. rencanakan aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan sehingga pada akhirnya bisa menghasilkan penjualan.  

Selain itu, Anda juga bisa menganalisa serta mengukur hal-hal apa yang bekerja dengan baik sehingga bisa menghasilkan penjualan dan hal-hal apa saja yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dengan adanya proses dan rencana penjualan, Anda akan terhindar dari kesalahan strategi pemasaran yang tidak perlu. dan bisnis Anda akan mampu menghasilkan penjualan yang Anda harapkan. Dari tujuh kesalahan strategi pemasaran diatas, kira-kira kesalahan seperti apa yang menurut Anda paling vital? Bagaimana menurut Anda cara yang paling efektif mengatasinya?

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 7 Kesalahan Strategi Pemasaran Yang Tidak Kamu Sadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
pentingnya-brand-dalam-bisnis-usaha
5 Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Membangun Merk Yang Bernilai Tinggi

Apakah Anda mempunyai  bisnis usaha kecil-kecilan? Bagaimana perkembangannya?  Tumbuh pesat? Jika ya, menurut...

Close