Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Motivasi Bisnis » 7 Tips Jitu Menghadapi Boss Yang Arogan

7 Tips Jitu Menghadapi Boss Yang Arogan

Posted at October 2nd, 2016 | Categorised in Motivasi Bisnis

Memiliki boss yang arogan memang cukup memusingkan, salah benar dimatanya kita tetap salah. Inginnya resign saja dan memulai bisnis sendiri tapi belum punya nyali. Pasrah saja dengan perlakukan boss yang arogan kok bikin stress dan sakit hati.

Boss arogan biasanya adalah tipikal orang yang terlalu percaya diri dan menghapuskan inisatif, seluruh ide harus berasal darinya karena inisiatif karyawan dianggap menyalahi instruksinya. Bentuk lain arogansinya adalah tidak menunjukkan apresiasi atau pekerjaan yang telah Anda lakukan, atau memaksa Anda bekerja bahkan saat di akhir pekan.

 

cara-menghadapi-boss-yang-arogan

 

Bila Anda masih ingin bekerja di perusahaan tersebut dan atasan Anda sangat arogan, Anda perlu tahu tips bagaimana menghadapi orang semacam itu.

1. Belajarlah bagaimana cara membuat boss Anda terkesan.

Anda perlu mengetahui apa saja yang disukai dan tidak oleh boss Anda. Bila Anda dapat mengambil hatinya, Anda akan disukai olehnya. Selain itu buatlah dia terkesan dengan bakat dan ketrampilan yang Anda miliki. Bila Anda sangat bagus dalam reporting atau pembuatan laporan yang baik, rapi dan akurat maka kerjakan tugas yang diberikan yang ada hubungannya dengan ketrampilan Anda tersebut dengan sebaik-baiknya. Dia pasti tak segan memuji Anda dan memperhitungkan Anda di perusahaan.

2. Hindari berdebat dengan boss yang arogan.

Dalam sebuah meeting boss Anda yang arogan tak akan segan menyalahkan Anda dan tidak peduli apakah Anda benar atau salah. Dia hanya ingin membuktikan kepada anak buahnya bahwa  hanya dirinya yang benar. Sia-sia bila Anda ingin membela diri. Maka sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat memicu perdebatan yang sebenarnya tidak perlu. Tetaplah bicara dengan tenang dan bahasa yang santun meski boss memancing perdebatan.

3. Tetap tenang dan bersikap profesional.

Meski boss Anda sering menyalahkan, memarahi atau mengomel kadang dengan alasan yang tidak masuk akal, tetaplah bersikap tenang dan profesional, bahkan ketika Anda sedang menjelaskan masalah yang terjadi. Perhatikan nada bicara, usahakan tetap bersikap netral tanpa menyalahkan siapapun, berusahalah agar apa yang Anda pikirkan, lakukan dan bicarakan dapat dipertanggungjawabkan. Satu lagi, jangan pernah membicarakan hal pribadi dengan boss Anda.

4. Berkomunikasi melalui email.

Terkadang tulisan dapat dibaca saat suasana hati lebih baik dan hal ini lebih dapat diterima oleh boss yang arogan. Bila pembelaan Anda dengan berbicara tidak terlalu dihiraukan, cobalah menjelaskan melalui tulisan di email, sebab boss Anda bisa jadi akan memiliki banyak waktu untuk membacanya dengan lebih teliti dan seksama daripada lewat perdebatan dalam meeting. Pastikan saja bahasa yang Anda gunakan tetap sopan, jelas dan tidak berbelit-belit.

5. Usahakan hanya Anda dan boss yang tahu masalahnya.

Jangan pernah berkonfrontasi secara langsung dengan boss arogan di depan rekan kerja atau publik karena Anda tidak akan dihiraukan atau bahkan justru makin disalahkan, entah yang salah Anda atau bukan.

6. Terus mengupdate diri dan punya inisiatif.

Untuk menghindari kemarahan boss yang arogan, coba perhatikan irama kerja sang boss lalu update diri Anda agar dapat mengikuti irama kerjanya. Boss disiplin dan boss arogan cuma beda tipis. Biasanya boss yang arogan suka mencari-cari kesalahan bawahannya, karena itu berupayalah untuk terus memperbaiki diri dan berinisiatif menghasillkan kerja yang terbaik, jangan sampai sikap boss arogan tersebut justru memperburuk kinerja Anda sebagai karyawan. Ini akan jadi nilai plus baik di mata boss arogan Anda saat kelak Anda resign dan di mata teman-teman kerja.

7. Resign atau cari pekerjaan lain.

Anda merasa sudah berusaha maksimal, namun boss arogan masih belum juga berubah? Mungkin ini saatnya Anda harus mencari pekerjaan di tempat lain. Jangan biarkan diri Anda sendiri menjadi negatif karena sikap boss arogan tersebut, namun sebelum Anda resign atau keluar dari pekerjaan, pikirkanlah dengan matang jangan sampai keputusan Anda tersebut Anda sesali kemudian. Carilah informasi tentang pekerjaan yang lebih baik sebelum Anda keluar.

Sudah siap menghadapi boss arogan Anda senin besok?

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 7 Tips Jitu Menghadapi Boss Yang Arogan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha kosmetik herbal
Cara Berbisnis Kosmetik Herbal Dan Pemasarannya

  Bisnis kosmetika herbal atau non kimia muncul dengan memanfaatkan tanaman herbal nusantara...

Close