Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Tips dan Trik Bisnis » 7 Tips Jitu Menjadi Dropshipper Yang Handal

7 Tips Jitu Menjadi Dropshipper Yang Handal

Posted at October 10th, 2016 | Categorised in Tips dan Trik Bisnis

Salah bentuk bisnis yang kini banyak dilakukan adalah menjadi seorang dropshipper. Bentuk bisnis ini relatif mudah bahkan dapat dijalankan oleh anak sekolahan sekalipun. Modal yang Anda siapkan adalah toko online untuk berjualan poduk, sedangkan produknya sendiri tidak perlu Anda sendiri yang membuat, Anda dapat mencari supplier seperti kosmetik, produk fashion, gadget dan lain-lain. Anda hanya menjualkan produk orang lain dan mengambil keuntungan dari selisih antara harga beli Anda dari supplier dan harga jual kepada konsumen toko online Anda ditambah ongkos kirim. Cukup mudah bukan ?

Anda juga tidak perlu menyetok barang terlalu banyak apalagi bila modal Anda tidak terlalu besar. Anda cukup membeli barang sesuai yang dipesan, membayar harga barang plus ongkos kirim dan meminta supplier untuk mengirimkannya kepada pelanggan.

Kabar gembiranya, bila Anda tidak atau belum mampu membuat sebuah toko online, Anda dapat menggunakan media online seperti Instagram, Facebook dan lain sebagainya untuk memuat foto dan sedikit deskripsi tentang barang yang Anda jual.

 

 bisnis usaha dropship

 

Banyak tantangan yang akan Anda hadapi dengan menjalankan usaha menjadi dropshipper. Meski modal dan resiko cukup kecil namun Anda perlu mengetahui trik dan tips menjadi dropshipper yang sukses.

 

1. Fokus pada satu produk

Meski menjadi dropshipper cukup mudah dilakukan dan Anda dapat memperoleh berbagai barang yang dapat Anda jual, namun sebaiknya Anda fokus pada satu produk tertentu misalnya produk fashion baju, gadget, perhiasan batu mulia dan lain-lain.

 

2. Lakukan branding

Anda mungkin bisa menggunakan social media untuk menjual produk namun akan lebih baik lagi bila Anda dapat membuat sebuah website atau toko online dan membuat kategori barang yang Anda jual, misalnya ketika Anda memutuskan menjual produk fashion, maka kategori yang dapat Anda gunakan adalah baju dewasa, baju anak, hijab dan lain-lain. Gunakan social media hanya untuk berkomunikasi 2 arah dengan pelanggan. Dengan begitu Anda akan terkesan lebih profesional.

 

3. Gunakan Strategi Cross Selling

Strategi cross selling adalah menjual dua atau lebih produk dalam waktu yang bersamaan karena kedua barang tersebut dapat saling melengkapi, misalnya pada saat Anda menjual tas, dapat pula menjual sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet dan lain-lain.

 

4. Kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan

Bila Anda dapat dengan cepat melayani pelanggan, dan barang yang dikirim tepat sesuai yang diinginkan maka ini adalah nilai plus bagi bisnis dropshipper Anda, biasanya pelanggan akan banyak bertanya tentang produk yang Anda jual, cara pembayaran, dan klaim bila ada keluhan serta penukaran barang yang cacat. Agar bisnis dropshipper Anda berjalan dengan baik, buatlah sistem atau membayar orang khusus sebagai admin atau customer service.

 

5. Hemat waktu dan efisiensi.

Bila Anda tidak ingin terlalu lama menghabiskan waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama dari para pelanggan, tulislah deskripsi barang yang Anda jual di toko online atau fanpage dengan lengkap. Termasuk nomer telepon yang dapat dihubungi baik via SMS, Whatsapp, BBM dan lain-lain.

 

 6. Kembangkan diri dari menjadi dropshipper menjadi reseller.

Beda seorang dropshipper dan reseller adalah pada ketersediaan barang, para reseller biasanya memiliki stock barang lebih lengkap di gudangnya sendiri dan mengendalikan kualitas barang secara penuh. Untuk itu bila permintaan customer Anda mulai beragam, mulailah untuk menjadi reseller apalagi bila Anda sudah mulai memiliki banyak pelanggan.

 

7. Temukan supplier yang tepat

Pilihlah supplier yang tepat yang dapat memberikan barang berkualitas dan lengkap. Disini nama Anda sebagai dropshipper menjadi taruhannya, sehingga bila barang yang dikirim cacat atau tidak sesuai ekspektasi pelanggan Anda dapat merugi dan ditinggalkan oleh pelanggan Anda.

Demikian beberapa tips menjadi dropshipper yang sukses, selamat memulai bisnis dropshipper Anda, semoga sukses.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for 7 Tips Jitu Menjadi Dropshipper Yang Handal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
peluang bisnis usaha konsultan it
4 Tips Utama Untuk Menjadi Konsultan IT Yang Profesional

Teknologi kini makin berkembang pesat, pada masa sekarang apa yang tidak dikomputerisasi? Mulai...

Close