Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Media & Penerbitan » Bisnis Berjualan Buku Baru Dan Bekas Di Sosial Media

Bisnis Berjualan Buku Baru Dan Bekas Di Sosial Media

Posted at September 26th, 2016 | Categorised in Media & Penerbitan

Suka membaca buku dan mempunyai koleksi buku yang sudah sangat banyak dalam berbagai genre? Daripada memenuhi rak buku dan jarang terbaca, ada baiknya dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Meski bekas, namun bila kondisinya bagus banyak yang berminat apalagi bila buku tersebut sudah tidak terbit lagi. Selain menambah penghasilan juga bermanfaat bagi mereka yang memang membutuhkan.

Bila Anda berkunjung ke kawasan tertentu yang menjual buku bekas, peminatnya masih cukup banyak. Biasanya mereka adalah pelajar atau mahasiswa dengan dana terbatas namun sangat membutuhkan buku baik untuk buku pelajaran, buku penunjang kuliah bahkan novel bekas.

 

bisnis-usaha-buku

 

Anda tidak perlu membuka lapak semacam itu bila Anda ingin berjualan buku. Untuk menjual buku-buku baik baru atau bekas, Anda dapat memanfaatkan sosial media. Bagaimana cara menjual buku di sosial media? Berikut adalah 5 tips berjualan buku di sosial media :

  • Posting foto buku

Cara termudah berjualan buku adalah dengan memposting gambar bukunya di Facebook atau Instagram. Anda dapat memanfaatkan akun pribadi atau membuat fanpage khusus bila memang jumlah buku Anda sangat banyak atau memang ke depannya Anda bermaksud berbisnis buku. Berikan sedikit keterangan tentang isi buku dan harga ( jangan lupa sertakan harga sebelum ongkos kirim ) yang Anda tawarkan. Berikan juga nomer kontak agar Anda mudah dihubungi bila ada yang ingin membeli.

 

  • Tulis resensi buku

Terkadang foto buku saja tidak cukup, maka sebaiknya Anda mulai belajar menulis resensi buku yang Anda jual. Bila yang Anda jual adalah novel, tulislah sinopsisnya. Bila Anda belum mahir menulis, cukup tulis ulang sinopsis yang biasanya ada di belakang novel tersebut. Sehingga calon pembeli dapat mengetahui garis besar isi novel yang akhirnya memutuskan untuk membeli novel tersebut atau tidak. Sama halnya dengan fiksi dan novel, bila buku yang Anda jual adalah nonfiksi atau buku tentang tips atau how to, berikan informasi secukupnya tentang isi buku. Para audiens sosial media akan sangat mengapresiasinya karena mereka tidak membeli kucing eh buku dalam karung. Anda dapat menulisnya di notes Facebook atau Timeline. Jangan lupa untuk mencantumkan harga dan nomer telepon Anda.

 

  • Gunakan kombinasi teks dan gambar

Anda dapat menggabungkan poin satu dan dua di atas. Ingat, dalam pemasaran online pictures/photo speaks louder. Artinya bila foto buku yang Anda tawarkan nampak bagus dan disertai dengan sinopsis yang menarik hal tersebut dapat memancing perhatian para calon pembeli.

 

  • Berikan rewards.

Sesekali berikan rewards untuk calon pembeli, misalnya free ongkir untuk wilayah tertentu, bonus buku yang lebih tipis atau diskon potongan harga. Anda juga dapat memberikan bonus yang masih berhubungan dengan buku seperti pembatas buku unik yang dapat Anda tulisi dengan nama dan nomer kontak Anda, sehingga bila mereka membutuhkan buku dapat menghubungi Anda lagi.

 

  • Buat komunitas atau bergabung di komunitas pecinta buku

Biasanya penyuka buku akan membuat komunitas tertentu, mereka tidak hanya ada dalam komunitas pecinta buku, namun juga bisa ada dalam komunitas kepenulisan. Bergabunglah dan cari tahu buku apa yang sedang dibicarakan oleh banyak orang, dan pelajari bagaimana mereka meresensi atau merekomendasikan buku-buku tertentu. Anda memang dilarang memasang iklan disitu. Namun Anda dapat memberikan informasi bahwa Anda menyediakan buku-buku sesuai minat mereka.

 

Demikian informasi tentang tips berjualan buku menggunakan sosial media. Manfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk sesuatu yan menghasilkan dari hobi membaca dan mengumpulkan buku. Semoga bermanfaat.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Berjualan Buku Baru Dan Bekas Di Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
memulai bisnis usaha di usia muda
Memulai Bisnis ketika masih muda? Why not?

Masih muda tapi sudah ingin punya bisnis? Kini tidak lagi tabu. Dulu, untuk...

Close