Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » UKM » Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora Makin Diminati Pasar Luar Negeri

Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora Makin Diminati Pasar Luar Negeri

Posted at August 23rd, 2016 | Categorised in UKM

Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora – Melimpahnya bahan baku akar jati di Kabupaten Blora mendorong pelaku UKM Kabupaten Blora berkreasi menghasilkan produk mebel dan pajangan akar kayu jati yang bernilai seni tinggi dengan harga hingga puluhan juta rupiah. Apa saja varian produk sentra akar jati yang terletak di Desa Tempel Lemahbang Kecamatan Jepon Blora ini?

Setengah dari wilayah Kabupaten Blora terdiri dari hutan jati, maka tak heran jika banyak bermunculan usaha-usaha kreatif dengan bahan baku utama kayu jati. Salah satu di antaranya adalah kerajinan akar jati. Sentra Kerajinan akar jati ini terletak di Desa Tempel Lemahbang Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, kurang lebih tujuh kilometer dari Kota Blora menuju ke arah Cepu.

 

bisnis usaha kerajinan akar jati blora

Kerajinan Akar Jati Blora, Image From cbfmrembang.wordpress.com

 

Di sepanjang jalan Blora Cepu wilayah Jepon setidaknya dapat ditemui sekitar 50 pengrajin akar jati dengan berbagai macam kreasi. Rata-rata kapasitas produksi tiap pengrajin sebanyak 80 produk tiap bulannya. Sentra akar jati di Blora ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu namun baru mulai berkembang pesat sejak tahun 2007. Hingga kini industri kerajinan akar jati di Blora sudah dapat menyerap lebih dan 2.000 tenaga kerja dengan rata-rata pendapatan tiap bulannya dan masing-masing tenaga kerja antara Rp 1,3juta hingga Rp 4juta.

Menurut salah satu pelaku bisnis usaha yang sukses dari kerajinan akar jati, Ahmad Syaifudin dengan nama usahanya Jati Payung Emas, kerajinan akar jati Blora memiliki ciri khas bentuk yang sangat menarik dan memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga tak heran jika 90 % konsumennya justru berasal dan luar negeri. Selain dipasarkan di wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bali, Jawa, Kalimantan dan Sumatera, kerajinan akar jati ini juga sangat diminati di pasar dunia seperti Amerika, New Zealand, Belanda, Perancis, Jerman, Malaysia, Jerman, Spanyol dan masih banyak lagi negara lainnya.

Produk kerajinan akar jati yang ditawarkan di antaranya screen table dengan harga Rp 4juta – Rp 10 juta, meja daun Rp 2,5 juta, display barang Rp 1,5 juta – 5 juta, meja makan Rp 3juta, meja mangkuk Rp 1,5juta –  2,5 juta, 1 set bar table Rp 3,5 juta, kaligrafi Rp 500 ribu, dan yang paling banyak diminati adalah lift daun jati dengan harga antara Rp 2juta hingga Rp 20 juta tergantung besar kecil dan tingkat kesulitan.

Jika Anda tertarik mendapatkan berbagai produk kerajinan akar jati tersebut, bisa menghubungi langsung para pengrajin. Dengan membayar uang muka 50 %, dan sisa pembayaran dilunasi setelah barang siap kirim. Tidak ada minimal order dalam pemesanan, namun semua ongkos kirim ditanggung pemesan.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora Makin Diminati Pasar Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha budidaya ikan patin
Rendahnya Persaingan Bisnis Budidaya Ikan Patin, Membuat Usaha Ini Makin Digemari

Budidaya ikan patin telah lama dilakukan di Indonesia dan menjadi salah satu komoditas...

Close