Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Bisnis Usaha » Bisnis Produksi Cup Paper, Sangat Berpotensi Membuatmu Sukses!

Bisnis Produksi Cup Paper, Sangat Berpotensi Membuatmu Sukses!

Posted at August 17th, 2016 | Categorised in Bisnis Usaha

Usaha Produksi Cup Kertas – Berbagai produk berbahan kertas untuk makanan maupun minuman semakin dibutuhkan. Sebut saja cup kue, piring dan mangkuk dari kertas. Yang menjadi keunggulan dari aneka produk ini adalah unsur kepraktisan. Apalagi kertas lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik. Produk ini sangat dibutuhkan kalangan pengusaha food and beverage. Bahkan, semakin hari permintaan terus meningkat, terutama untuk usaha cup kertas yang bersifat ramah lingkungan, karena usaha kuliner yang sehat, terus seberapa besar potensi usaha ini?

Saat ini usaha kuliner merupakan jenis usaha yang paling booming. Hal ini membuat dampak pada usaha lainnya yang ikut menggeliat. Salah satunya adalah produk kemasan untuk makanan maupun minuman, dan yang kini semakin banyak digunakan adalah bahan kertas. Jika umumnya yang dikenal hanya paper cup atau gelas kertas. Belakangan pelaku usaha kuliner juga makin mencari produk paper cup yang aman untuk kesehatan, misalnya yang berbahan baku dari rumput atau sayuran.

Beberapa produk berbahan kertas untuk makanan atau minuman ini banyak digunakan, karena ada beberapa hal yang mendasari. Pertama, karena alasan praktis. Umumnya, produk ini digunakan di restoran siap saji atau pun di kafe. Produk ini dipilih, karena setelah dipakai tidak perlu dibersihkan, langsung dibuang. Kedua, ramah lingkungn. Jika produk plastik membutuhkan waktu berpuluh tahun bisa terurai atau hancur dalam tanah, maka bahan kertas hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja.

 

bisnis usaha cup paper

Image From www.exportersindia.com

 

Karena fungsinya sebagai Wadah makanan dan minuman, maka jenis kertas yang digunakan harus berasal dari jenis food grade (kertas yang dikhususkan untuk kemasan makanan) yang dilapisi polimer SPE (single polyethylene) atau DPE (double polyethylene). sehingga bagian dalam wadah tampak licin dan makanan/minuman didalamnya tidak menembus kepermukaan luar kertas. Kelebihan lain wadah dari kertas food grade ini lebih murah 50% dibanding aluminium foil, juga ada nilai plus karena bisa dikreasikan dengan warna-warna dan gambar sebagai promosi. Sedangkan kemasan dari plastik lebih mahal biayanya untuk membuat kreasi seperti itu. Tidak hanya prospektif, usaha ini akan terus meningkat permintaannya.

Strategi Pemasaran. Usaha aneka produk dan kertas untuk kebutuhan kuliner ini target pasarnya tentu saja kalangan pengusaha kuliner. Apalagi dengan semakin banyak waralaba usaha makanan dan minuman sehingga bisa menjadi celah pasar tersendiri. Tren usaha waralaba makanan atau minuman yang menggunakan booth juga selalu menggunakan cup, piring bahkan mangkuk kertas.

Biaya Produksi. Memang, untuk usaha ini biaya produksi yang harus dikeluarkan terbilang cukup besar, mengingat peralatan yang digunakan cukup mahal. Sebagai gambaran mesin pencetak paper cup harganya bisa mencapai Rp 450 juta per unit dan masih harus diimpor dari China dan Korea Selatan. Karena itu, bagi pemula usaha yang modalnya tidak besar sebaiknya memilih menyerahkan pesanan ke produsen cup yang sudah besar. Ia tinggal membeli mesin sablon untuk mencetak logo atau gambar pada cup sesuai pesanan. Efisiensi juga dapat dilakukan dengan menekan jumlah produk reject (produk yang kurang memenuhi syarat) dengan menghitung secara tepat ukuran dan kemasan sehingga tidak perlu ada bahan baku yang terbuang.

Keuntungan. lnvestasi minimal untuk usaha ini memang cukup besar. Hal ini, karena bahan baku dan peralatan yang belum tersedia di Indonesia dan masih dibeli di luar negeri. Walaupun modal awal besar, tapi bisa balik modal dalam rentang waktu 6-12 bulan. Ini karena persaingan usaha ini belum terlalu ketat, karena belum banyak pelaku usahanya.

Salam Entrepreneur..!

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Produksi Cup Paper, Sangat Berpotensi Membuatmu Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
cara pemasaran bisnis usaha list gypsum
Strategi Jitu Pemasaran Usaha List Gypsum

Pemasaran Usaha List Gypsum dan Pasang Plafon - Bisnis pembuatan list gypsum dan...

Close