Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Ide Usaha » Bisnis Sabun Ramah Lingkungan, Selain Menguntungkan Juga Bermanfaat

Bisnis Sabun Ramah Lingkungan, Selain Menguntungkan Juga Bermanfaat

Posted at August 3rd, 2016 | Categorised in Ide Usaha

Kondisi lingkungan yang makin tercemar dan rusak menyebabkan banyak masalah, terutama bagi kesehatan, lantaran hal itu banyak pelaku usaha untuk menghadirkan produk-produk ramah Iingkungan, termasuk berkreasi membuat sabun ramah lingkungan. 

Kisah sukses bisnis usaha sabun ramah lingkungan ini salah satunya di lakoni oleh Febiawan, pemilik gerai green Indonesia. Cinta Iingkungan sambil mendulang keuntungan, itulah usaha yang digeluti Febiawan sejak Tahun 2014. Ia tergerak hatinya untuk menghadirkan produk ramah Iingkungan yang kini semakin tercemar. Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan usahanya, namun karena kecintaannya akan lingkungan sehat mendorong ia menghadirkan produk produk ramah lingkungan.

Salah satu kreasi Febiawan adalah produk sabun mandi yang ramah lingkungan. Sabun mandi dengan merek Eco Soap ini berbeda dengan sabun di pasaran pada umumnya. Sabun mandi ini terbuat dan bahan baku yang sederhana yaitu minyak kelapa dengan sabun pabrikan skala besar pada umumnya. Saat memutuskan untuk menjalankan usaha ini, la mengeluarkan modal awal sekitar Rp 2-3juta. Dana tersebut ia gunakan untuk membeli alat dan bahan baku.

eco soap

Eco Soap – Image From www.mnn.com

 

Bahan dari produk ini menggunakan minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal sebagai virgin coconut oil (VCO) sebagal bahan baku utama. Minyak kelapa murni diperoleh dari perasan daging buah kelapa segar, tanpa pemanasan dan perlakuan kimiawi, sehingga sifat alaminya tetap terjaga. Minyak kelapa sangat kaya akan asam laurat yang bersifat antijamur, antibakteri dan tokoferol yang mengandung vitamin E serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, serta memiliki sifat menyehatkan tubuh secara umum. Minyak kelapa juga tidak membuat kulit terasa berminyak. tapi lembut dan halus.

Produk sabun ini menggunakan sabun dengan bahan baku minyak kelapa biasa, karena lebih mudah diurai di tanah dibandingkan minyak kelapa sawit. Sabun Eco Soap yang tampilannya transparan ini juga lebih irit air, lebih bersih, lebih kesat, dan sedikit busa. Juga bisa digunakan untuk sabun cuci muka, Selain itu Wawan ingin menggali potensi lokal, dengan mengangkat minyak kelapa sebagai bahan baku sabun. Begitu juga aroma sabun menggunakan bahan rempah rempah, buah-buahan, dan bunga. La juga menggunakan bahan kimia NaOH/KOH yang bisa diurai oleh alam dan tidak mencemari lingkungan.

Bahan kimia yang digunakan oleh Wawan berbeda dengan bahan kimia campuran pada umumnya, karena tidak membuat busa. ‘Kelebihan Eco Soap ini terutama dan bahan dan khasiatnya, Sabun buatan Wawan tidak hanya membersihkan, namun melembutkan karena mengandung 25% zat pelembab alami (gliserin) yang terbentuk selama proses pembuatan sabun. Dengan mempelajari cara pembuatan sabun organic dari internet, Febiawan kemudian. melakukan uji coba dan akhirnya saya memutuskan untuk memulai usaha ini dengan nama Gerai Green Indonesia.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Sabun Ramah Lingkungan, Selain Menguntungkan Juga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha undangan fungsional
Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui, Dalam Berbisnis Undangan Fungsional

Jika dulu undangan pernikahan hanya berupa kertas dengan aksesoris pita dan kemasan plastik,...

Close