Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Ide Usaha » Bisnis Usaha Batik Jeans Makin Digandrungi Kawula Muda

Bisnis Usaha Batik Jeans Makin Digandrungi Kawula Muda

Posted at August 16th, 2016 | Categorised in Ide Usaha

Bisnis Usaha Batik Jeans – Batik sudah menjadi warisan budaya bangsa yang saat ini sudah banyak digemari tak hanya usia dewasa, namun juga anak muda. Hal itu tak lepas dan kreasi pada batik yang jauh dan kesan tradisional. Seperti kreasi batik pada bahan jeans yang membuat tampilan pemakainya Iebih elegan. Tak heran jika banyak pelaku usaha meraup untung dari bisnis batik berbahan jeans. Seberapa besar potensi usahanya dan sampai kapan tren batik jeans ini?

produk fesyen berbahan batik sudah marak dijumpai di pasaran, dari mulai tas, pakaian, dompet, sepatu, hingga perlengkapan rumah. Batik juga bisa dipadupadankan dengan segala jenis bahan, termasuk bahan jeans yang saat ini sedang tren diminati konsumen, khususnya kalangan anak muda. Kreasi mengkombinasikan motif batik pada bahan jeans saat ini banyak dijumpai dalam produk pakaian. Hal itu membuat batik yang terkesan formal bisa tampil lebih casual. Hal ini tentu saja mendorong minat konsumen yang sebelumnya tidak menyukai batik.

Apalagi pakaian dari bahan jeans memang telah lama digandrungi kalangan anak muda, dan adanya sentuhan motif batik pada bahan jeans tersebut membuat desain pakaian tampil lebih menarik. Berbagai jenis pakaian berbahan jeans dengan berbagai motif batik saat ini mulal tren di pasaran, baik berupa t-shirt, celana, jaket maupun jenis lain.

 

bisnis usaha batik denim

Image From http://www.kotomonone.com/

 

Tren. Tak heran dengan inovasi desain yang dilakukan, batik jeans kini menjadi tren khususnya di kalangan anak muda. Menurut desainer Giffarin Rindiwandana, tren batik jeans akan bertahan sekitar dua tahun ke depan.  Jika saat ini harga jual batik jeans masih terbilang mahal, nantinya pasti akan ada banyak pengusaha baru yang mengikuti membuat batik denim versi murah yang banyak dijual di pasaran.

Lebih lanjut, prospek usaha batik yang dibuat pada bahan jeans sangat menjanjikan selama menjaga tingkat kreativitas dan inovasi. Selain itu, tentu pelaku usaha harus bisa menentukan cara pemasaran yang tepat. Produsen harus memikirkan target pasar yang akan dituju, pada tingkat umur berapa, pekerjaannya apa, dan sedetail mungkin agar kita tahu ke mana kita harus memasarkan produk kita.

Dan segi harga, pakaian batik dari bahan jeans ini cukup mahal sehingga segmen pasarnya menyasar kelas menengah ke atas. Pakaian tersebut cocok digunakan konsumen yang berumur sekitar 17 – 35 tahun untuk kostum casul atau acara santai. Bisa juga digunakan untuk acara semi formal seperti menghadiri acara seminar. Beberapa model pakaian batik jeans yang bisa dibuat seperti model kemeja dengan dua kantong di depan, dan bisa dipadupadankan dengan celana jeans.

Untung Besar. Batik jeans saat ini banyak diminati khususnya kalangan muda dengan target pasar saat ini lebih banyak kelas menengah atas. Harga jual batik jeans cukup mahal mengingat eksklusivitas yang diusung oleh para produsennya. Eksklusivitas itu terlihat dari proses membatik pada bahan jeans yang cukup rumit seperti halnya membuat batik tulis menggunakan malam ( lilin ) dan alat canting. Tidak menggunakan proses cap atau cetak (printing) yang relatif lebih mudah dikerjakan, namun kualitas lebih rendah.

Pemasaran batik jeans harus disesuaikan dengan target pasar kelas menengah atas, seperti  ikut serta dalam event pameran berkaitan dengan produk fesyen, menawarkan produk ke kalangan komunitas anak muda, hingga promosi di media seperti  jejaring social, facebook, twitter maupun took online.

Semoga Sukses..!

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Usaha Batik Jeans Makin Digandrungi Kawula Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
ide usaha aksesoris berbahan karet
Bisnis Kreatif Dari Bahan Karet, Patut Kamu Coba Bagi Kamu Yang Kreatif

Perkembangan produk berbahan karet saat ini semakin luas, dengan kreasi produk yang bisa...

Close