Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Home Industri » Bisnis Usaha Kuliner Pisang Aroma Khas Temanggung Yang Makin Dilirik

Bisnis Usaha Kuliner Pisang Aroma Khas Temanggung Yang Makin Dilirik

Posted at September 4th, 2016 | Categorised in Home Industri

Produk kuliner khas Temanggung berbahan baku pisang yang disebut Pisang Aroma kini sangat banyak diminati oleh konsumen, dan sering dipesan untuk oleh-oleh. Pisang Aroma dibuat dan pisang jenis Raja Nangka yang memiliki 2 bagian, yaitu kulit luar yang dibuat dari terigu, garam, vanili dan air, dengan rasa manis dan renyah serta aroma harum, dan bagian dalamnya diisi buah pisang. Kreasi camilan berbahan jenis  pisang ini berukuran kecil , sekitar 1-5 cm dan daya tahannya bisa sampai 5 bulan.

Sentra produksi Pisang Aroma terdapat di Desa Gesing Kecamatan Kandangan Temanggung, dengan jumlah sekitar 20 orang pelaku  home industry.  Salah satunya bisnis usaha KPK Mawar milik Sri Mulyati yang membuat usaha Pisang Aroma sejak tahun 2003. Kini dengan tenaga kerja berjumlah 57 orang, Sn Mulyati mampu memproduksi Pisang Aroma hingga 20 ton per bulan. Untuk mencapai produksi sebesar itu dibutuhkan bahan baku pisang Raja Nangka sebanyak 20 ribu sisir/ lirang. Bahan baku tersebut selain didapat dari wilayah Temanggung, juga didatangkan dari Kendal, Batang, Ambarawa, dan Banjarnegara.

 

bisnis usaha pisang aroma khas temanggung

Image From : http://kabtemanggung.com/

 

Pisang Aroma ditawarkan dengan harga yang cukup murah, tergantung dan kemasannya. Pisang Aroma dengan kemasan  box 450 gram dijual dengan harga Rp 13 ribu, per kemasan  350 gram harganya Rp 10 ribu, prt kemasan plastik 450 gram Rp 9 ribu, per kemasan plastik 250 gram Rp 6 ribu dan kemasan plastik 4 kg dijual dengan harga Rp 168 ribu.

Produk pisang aroma ini, selain dipasarkan di daerah sekitar Jawa Tengah juga sudah mencakup wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. hingga Sumatera, Kalimantan dan Bali. Sebagai produk oleh-oleh, Pisang Aroma bisa didapatkan di toko-toko maupun supermarket di berbagai daerah pulau Jawá. Pemesanan juga bisa datang langsung di sentra Pisang Aroma di Desa Gesing Kecamatan Kandangan Temanggung Jawa Tengah atau melalul telepon, dengan pembayaran secara tunai dan ongkos kirim ditanggung oleh pemesan.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Bisnis Usaha Kuliner Pisang Aroma Khas Temanggung Yang Makin Dilirik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha perajang tembakau
Pengolahan Tembakau Dengan Mesin Perajang Bisnis UKM di Kabupaten Temanggung

Mesin Perajang Tembakau UKM di Kabupaten Temanggung - Kreativitas pelaku usaha UKM di...

Close