Comments Off

Bisnis Usaha Pakaian Dalam Murah

Bisnis Usaha Pakaian Dalam Murah

Bisnis Usaha Pakaian Dalam Murah

Bisnis Usaha Pakaian Dalam Murah – Bagi Anda yang ingin atau yang sedang berbisnis usaha pakaian dalam berikut kami sajikan beberapa sentra pakaian dalam di berbagai daerah. Jakarta, Depok dan Medan adalah 3 kota yang memiliki sentra pakaian dalam yang memproduksi berbagai pakaian dalam berbagai kualitas dan harga. Dari beberapa sentra ini pula pakaian dalam tersebut tersebar ke beberapa pusat perdagangan di berbagai daerah.

Sebagai kebutuhan pokok, pakaian dalam merupakan produk konveksi yang akan selalu diperlukan.Tak heran kiranya permintaannya tak pernah surut dari berbagai pedagang kulakan di berbagai pusat grosir. Ada beberapa sentra pakaian yang kami rekornendasikan seperti Kemanggisan Pulo dan kemanggisan Raya, Kebon Pala, Palmerah Barat, serta Menteng Jakarta, Cipayung Depok — Jawa Barat. dan di pusat Kota Medan. Menjamurnya sentra ini setidaknya menggambarkan potensi usaha konveksi rumahan (home industry) yang menghasilkan produk yang juga berkualitas dengan harga bersaing.

Produk. Ragam produk pakaian dalam seperti BH kop, BH sport, BH selip/miniset sambung rok, Kaus dalam, celana dalam perempuan dan juga celana dalam laki-laki. Variasi produk biasanya pada motif warna, renda, brukat, elastis, dan pita. Harga produk di sentra lebih murah daripada di pasar grosir dengan selisih harga Rp 2 — 5 ribu/lusin. Hal yang membedakan harga produk yang satu dengan yang lainnya adalah jenis bahannya saja.

Kalau untuk BH, di masing-masing daerah ada ciri khasnya. Di Cipayung, BH yang diproduksi sebagian besar merupakan BH cup, yang menggunakan busa tebal. Variasi produk biasanya pada motif warna dan bordir. Berbeda dengan sentra di Kebon Pala dan Kemanggisan, desain produknya lebih bervariasi. Misalnya brukat yang ditambah pemanis renda. Kisaran harga produk dan kedua sentra ini cukup terjangkau. Mulai dari harga Rp 25 ribu per lusin produk celana dalam bahan katun, hingga BH, Bra Full Brokat Cup B kawat busa tipis all size 32-38 Rp 144 ribu/lusin. Harga pakaian dalam di sentra Cipayung, Depok juga sama murah. Produk BH bahan katun polos ukuran remaja 32—26 harga partai antara Rp 30—45 ribu/lusin, BH kop busa dan model triump Rp 28—40 ribu/lusin, celana dalam perempuan Rp 12—30 ribu/lusin untuk bahan katun lokal, dan Rp 100—240 untuk model terusan rok dan celana panjang tipis.

Bahan Baku. Ada banyak jenis bahan yang bisa dipakai dalam membuat produk pakaian dalam di antaranya bahan rayon, lycra, spandex, katun, combine, brokat. Konveksi-konveksi dan sentra. Kemanggisan dan Palmerah biasa mendapatkan bahan dari toko bahan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada pula yang langsung mengambilnya dari pabriknya.

Pemasaran. Sebagian besar para pengrajin baik di Jakarta dan Depok memasarkan produk pakaian dalam ke beberapa pusat grosir seperti Pasar Tanah Abang, Jatinegera, Cipulir serta beberapa kota seperti Bandung, Semarang, Solo dan Surabaya. Selain aktif membuat produk para pengrajin di kedua sentra ini juga serius membangun jaringan distribusinya. Produk mereka sudah berhasil menyebar hingga ke penjuru negeri. Bahkan saking bagusnya produk, pakaian dalam dari kedua sentra konveksi sudah merajai pasar ekspor. Konveksi dari Sentra Jakarta sudah berhasil masuk pasar Malaysia, Singapura. Sementara konveksi dari sentra Cipayung sudah jauh melebar ke daerah Timur Tengah.

Sayangnya, menjamurnya sentra konveksi pakaian dalam ini turut berkait dengan fluktuasi harga bahan impor. Sehingga agak kerepotan untuk mendapatkan angka ril. Namun rata-rata sekarang ini harga bahan rayon s 100% bahan putih polos Rp 95 ribu/kg (3 hing ga 4 meter), ketika permintaan banyak harganya bisa Rp 100 ribu/ kg. Begitupun rayon berwarna ratar ata Rp 105 ribu/kg, terkadang juga lebih.

Biasanya pembayaran dilakukan tunai atau DP setengah harga jika permintaan banyak. Dan barang baru akan dikirim apabila pembeli melunasi sisa pembayaran terlebih dulu. Sedangkan pengiriman barang sesuai kesepakatan bersama. Apakah ongkos ditanggung pembeli atau sudah dimasukkan dalam jumlah yang harus dibayarkan pada pengrajin sehingga pembeli terima barang di tempat. Namun bagi pembeli yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak, para pengrajin akan memberikan potongan harga 10-20%, untuk pembelian di atas 100 lusin.

skema pemasaran dengan diskon. Untuk pengambilan tidak berpatokan pada penjualan lusin-lusinan yang banyak, terserah pembeli. Khusus kepada agen langganan selalu memberikan potongan harga antara 5 persen sampai 20 persen dengan minimal pembelian dari satu lusin. Potongan harga masih bisa terjadi tergantung tergantung perjanjian/ agreemen antara  agen  dan konveksi.

Filed in: Fashion Tags: , , , , , , , , , ,

Get Updates

Share This Post

Recent Posts

© 2014 Peluang Bisnis Usaha. All rights reserved.

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.