Comments Off

Bisnis Usaha Produk Limbah Kertas

Bisnis Usaha Produk Limbah Kertas

Bisnis Usaha Produk Limbah Kertas

Bisnis Usaha Produk Limbah Kertas – Produk kreatif kini semakin bervariasi. Satah satunya dari bahan baku limbah kertas. Dengan kreativitas dan uji coba yang terus menerus berbagai produk dapat dihasilkan dari beberapa macam limbah kertas, dari mulai limbah kertas untuk membuat kertas paper bag, kertas kantong semen yang sudah tidak terpakai lagi, hingga kertas koran yang memang sudah dikenal lebih dulu sebagai bahan baku produk daur ulang kertas. Bagaimana peluang bisnis berbagai produk dari limbah kertas ini ?

Tak ada habisnya berkreasi dengan kertas. Dan limbah kertas bisa diciptakan aneka produk fungsional yang mampu mendapat tempat tersendiri di hati penggemarnya. Bahkan berbagai kreasi baru dihadirkan, untuk membuat ragam produk dari limbah kertas yang tampil beda dari sebelumnya. Seperti misainva tas dari limbah kertas yang biasa digunakan untuk membuat paper bag. Tas ini dibuat dengan cara menganyam, kertas yang sebelumnya dibuat menjadi tali. Ada pula teknik rajut yang digunakan, dan teknik memilin dengan bantuan campuran lem kanji.

Tren Produk, produk kerajinan dari bahan kertas untuk membuat paper bag merupakan produk yang kemunculannya menjadi tren dan sedang digemari. ini karena hasil jadi produk ini tak kalah cantik dengan produk dari bahan non limbah.

Strategi Pemasaran. saat ini produk kerajinan dari limbah kertas sangat diminati oleh eksportir, selain itu juga konsumn domestik. Untuk limbah kertas koran buyer luar negeri saat ini lebih menyukai produk dari limbah kertas berupa majalah yang kertasnya mengkilap atau lux karena tampilannya lebih bagus. Agar produk lebih dikenal ( bisa melakukan promosi lewat pameran, berhubungan langsung dengan para eksportir, membuat iklan di Internet, bekerja sama dengan outlet galeri kerajinan, ataupun membuka toko/ works hop.

Kendala Usaha. Karena merupakan produk yang memerlukan kreativitas, maka kemauan untuk terus berlatih harus ada, selain itu keterampilan membuat produk bisa diperoleh lewat kursus. Kendala yang sering dialami adalah butuh waktu yang cukup lama untuk mengajarkan pekerja baru dalam pembuatan produk. Sehingga permintaan/orderan dalam jumlah banyak sulit terpenuhi apalagi bila ingin memperluas pasar untuk ekspor. Sehingga ketersediaan SDM ini harus terus ditingkatkan.

Balik Modal Cepat. Usaha produk kerajinan ini juga cepat balik modal sekitar 2 sampai 6 bulan. Seperti produk tas anyaman dari kentas untuk paper bag, dari modal awal Rp 5 juta sudah bisa balik dalam 2 bulan, dan keuntungan paling besar dicapai pada produk keranjang dari limbah kertas koran yang bisa mencapai di atas 70 persen dari omset.

Filed in: Kerajinan Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Get Updates

Share This Post

Related Posts

© 2014 Peluang Bisnis Usaha. All rights reserved.

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.