Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Tips dan Trik Bisnis » Cara Cerdas Dan Efektif Mencari Karyawan Yang Baik Dan Jujur

Cara Cerdas Dan Efektif Mencari Karyawan Yang Baik Dan Jujur

Posted at August 16th, 2016 | Categorised in Tips dan Trik Bisnis

Mengembangkan bisnis atau usaha dapat dilakukan diberbagai hal, seperti membuka cabang baru, memperkaya produk, meminimalkan biaya produksi dan hal lainnya. Namun juga satu hal yang harus diperhatikan, mengenai karyawan yang anda pekerjakan. Memilih karyawan yang dapat dipercaya dalam menjalankan usaha ini ada beberapa kriteria. Tentu saja kita memilih karyawan yang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Untuk sikap, kita bisa lakukan tes lebih dulu. Caranya dengan melakukan wawancara lalu kita nilai bagaimana dia menjawab pertanyaan yang kita ajukan. Pertanyaan menyangkut apa motivasi dia bekerja, apa yang diharapkan, apa masalah yang dia hadapi saat ini, bagaimana kondisi keluarganya, mengapa berhenti dan tempat kerja sebelumnya, dan seterusnya. Selama wawancara kita amati juga bahasa tubuhnya. Sering kali, orang mengatakan kalau orang yang jujur, pandangan matanya terang dan tidak takut menatap dengan kita saat diajak bicara.

Kemudian dari perilaku, kita bisa minta semacam surat kelakuan baik atau keterangan dan RT dari tempat tinggalnya. Untuk mempertinggi kepercayaan perlu juga kita mengandalkan referensi, kenalan atau kalau perlu saudara kita. Artinya, kita dapat merekrut dari saudara atau orang yang diberikan referensi dari kenalan kita. Apa tujuannya? Kalau orang bekerja karena referensi maka dia akan berpikir ulang jika melakukan tindakan yang buruk. Atau setidaknya kita dapat meminta pemberi referensi untuk menegur jika orang yang direferensikan melakukan tindakan yang tidak jujur. Memang ini bukan jaminan penuh namun setidaknya sebagai sarana untuk memperkecil orang untuk tidak jujur.

 

memilih karyawan untuk bisnis usaha anda

Image From http://www.tidel.com/

Selain itu, jika kita sudah mendapatkan karyawan baru buatlah semacam kontrak hitam di atas putih. Minta karyawan baru tersebut untuk tanda tangan di atas meterai bahwa yang bersangkutan akan kerja secara jujur dan jika melakukan penipuan akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Surat kontrak ini sebenarnya hanya semacam kontrak psikologis sehingga karyawan merasa secara moral terikat untuk berperilaku jujur. Kita perlu menegaskan ke karyawan baru kalau tidak ada toleransi untuk karyawan yang tidak jujur.

Juga, menyangkut kontrol karyawan yang bekerja. Memang tidak menutup peluang terjadinya kecurangan saat karyawan bekerja. Kecurangan bisa berbagai bentuk seperti menilep beberapa pemasukan dan penjualan, tidak melaporkan secara benar penjualan yang terjadi, mengurangi bahan yang digunakan supaya bisa dijual sendiri dan masuk kantongnya, jam kerja yang seenaknya dan sejenisnya. Untuk itu kita bisa lakukan kontrol supaya karyawan bekerja dengan jujur.

Pertama dan segi jumlah produk. Lakukan stok opname / perhitungan stok produk setiap hari, minggu atau sesuai kebutuhan agar jumlah produk yang terjual dengan stok sisa sesuai.

Kedua, Kendali berikutnya bisa juga diserahkan ke pelanggan. Misalnya kalau ada pesan di kasir, “Kalau tidak diberi struk berarti gratis”. ini merupakan bentuk kontrol karyawan yang meminta konsumen untuk membantu mengontrolnya, Jadinya si karyawan takut berbuat curang karena kalau tidak dikasih struk yang menjadi bukti penjualan konsumen berhak tidak membayar. Cara kendali lain adalah memasang semacam kamera CCTV Anda bisa pasang kamera kecil di dekat kasir sebagai CCTV yang bisa Anda pantau jarak jauh. Saat ini tidak susah mencari produk CCTV mulai dan yang simpel sampai terkoneksi internet. atau bisa juga hanya sebagai kamuflase sehingga lebih menekankan aspek psikologis.

Terakhir, Anda sebagai pemilik harus lakukan sidak / inspeksi mendadak, dengan cara tidak memberi tahu karyawan kalau akan datang. Lakukan juga pemantauan atau juga bisa meminta teman atau saudara Anda ikut membeli dan mengamati kerja karyawan.

Salam sukses buat anda..!!

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Cara Cerdas Dan Efektif Mencari Karyawan Yang Baik Dan Jujur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis EO
Bisnis Event Organizer Pameran Terbukti Dapat Melipatgandakan Omzet Anda

Bisnis event organizer (EO) tahun ini diprediksi makin bergairah. Banyak instansi maupun perusahaan...

Close