Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Inspirasi Usaha » Cara Efektif Meningkatkan Semangat Berbisnis Anda

Cara Efektif Meningkatkan Semangat Berbisnis Anda

Posted at October 2nd, 2016 | Categorised in Inspirasi Usaha

Berbeda dengan bekerja di perusahaan, meski semangat sedang turun, kita masih dibebani oleh tanggung jawab, jadi meski sedang malas mau tidak mau kita harus tetap bekerja. Sedangkan bila kita memiliki bisnis sendiri kadang-kadang semangat yang turun naik turut berpengaruh pada jumlah laba yang kita peroleh. Bayangkan saja bila toko milik kita buka tutup sesuka hati tergantung mood, mana bisa kita mencapai target dan jumlah penghasilan yang ingin kita peroleh?

Kadang yang membuat semangat berbisnis kita turun adalah kondisi pertumbuhan ekonomi yang kurang baik, seperti misalnya akibat kenaikan harga BBM yang kemudian diikuti oleh kenaikan harga kebutuhan pokok, tarif transportasi dan lain sebagainya. Selain menyebabkan kenaikan harga bahan baku bagi bisnis berbasis kuliner, kondisi ekonomi tersebut menyebabkan daya beli masyarakat juga menurun, akibatnya mereka lebih ketat dalam membelanjakan uangnya, mengurangi makan di luar atau membeli barang yang bukan kebutuhan primer dan sekunder.

 

 semangat dalam berbisnis usaha

 

Sebagai pebisnis, kita harus memiliki mental yang tangguh. Jatuh boleh, tapi gagal jangan. Lho, memangnya jatuh dan gagal itu tidak sama ya? Jatuh artinya kita bisa saja mengalami kerugian, kehilangan pelanggan dan lain-lain, namun kita harus secepatnya bangkit agar dapat kembali sukses serta hasil yang kita peroleh tetap stabil bila menaikkan omzet belum bisa. Sedangkan gagal, apabila kita mengalami kerugian tersebut dan memutuskan untuk menyerah. Kita tidak hanya kehilangan kesempatan untuk kembali berhasil, namun kita juga tidak akan mendapatkan apa-apa sedangkan bisnis tersebut adalah satu-satunya sumber penghasilan kita. Bagi karyawan yang memiliki bisnis, kerugian yang dialami mungkin masih dapat dicover oleh penghasilan bulanan yang masih diterima, tapi bila tidak? Maka Anda harus secepatnya bangkit.

Simak tips cara meningkatkan semangat berbisnis berikut :

 

  1. Miliki mind set untuk selalu dapat melihat hal yang positif dalam setiap situasi.

Ketika terjadi kenaikan harga BBM yang diikuti kenaikan harga bahan pokok, beberapa usaha kuliner sempat terpuruk, hal ini karena para pebisnis tidak mau menaikkan harga karena takut kehilangan pelanggan namun juga tak ingin merugi karena keuntungan yang terpangkas atau bahkan tidak untung sama sekali, hanya balik modal. Namun situasi semacam ini akhirnya memunculkan berbagai solusi dan kreatifitas para pebisnis. Bisnis lain yang terkena imbasnya adalah bisnis travel wisata dan umroh akibat kenaikan harga tiket pesawat dan tarif hotel, namun justru usaha biro travel ini bukannya surut malah makin menjamur. Ini tidak akan terjadi bila Anda tidak memiliki mind set positif. Jadi, berpikirlah positif agar ide kreatif Anda muncul.

  1. Ingat kembali visi dan misi bisnis Anda.

Ketika Anda jatuh dan merugi, ingatlah kembali apa visi dan misi Anda ketika membangun bisnis tersebut. Apakah semata-mata hanya karena ingin mendapatkan uang? Ingin membantu orang lain dengan memberikan kemudahan kepada orang yang membutuhkan produk dan jasa yang Anda tawarkan? Visi dan misi yang jelas, akan membuat Anda kembali termotivasi sekaligus mengkaji ulang bisnis Anda, apakah telah sesuai visi dan misi? Apakah yang harus diperbaiki agar Anda dan bisnis Anda dapat kembali bangkit?

  1. Berlibur

Lho, rugi kok malah liburan? Bukannya harus bekerja lebih keras? Ternyata efek berlibur ditengah kesibukan dan segala persoalan bisnis Anda bermanfaat untuk memberikan istirahat kepada pikiran, mental dan jiwa Anda. Anda tidak harus berlibur jauh hingga memakan dana banyak, cukup carilah tempat yang nyaman untuk merenung, berdoa dan mengevaluasi diri sendiri, apakah ada salah langkah yang telah diambil, apakah keputusan bisnis Anda yang menyebabkan kerugian ataukah akibat kondisi perekonomian yang menurun sehingga daya beli masyarakat ikut menurun pula. Diharapkan pikiran dan jiwa akan kembali fresh sebelum melanjutkan bisnis dan memulai hari baru Anda.

  1. Ganti pola pikir dan mulailah berubah

Dari jeda waktu yang Anda ambil dan perenungan serta evaluasi yang telah dilakukan, mulailah berubah dan ganti pola pikir Anda. Setelah Anda menemukan kesalahan apa yang telah dilakukan saat mengambil keputusan bisnis atau saat menangani bisnis Anda, maka berjanjilah pada diri sendiri agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Catat semuanya dalam agenda agar Anda tetap ingat akan hal tersebut.

Semoga dengan tips diatas, Anda dapat kembali bersemangat mengembangkan bisnis Anda, Salam Sukses.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Cara Efektif Meningkatkan Semangat Berbisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha aksesoris bola
Keuntungan Bisnis Aksesoris Bola Dan Cara Memulainya

Salah satu pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar atau hobi yang menghasilkan...

Close