cara meningkatkan omset penjualan online shop

Bisnis-usaha.com ~ Jika dahulu kita mengenal adanya sebutan era waralaba hanya untuk menunjukan banyaknya orang yang berkecimpung di bisnis waralaba, maka hari ini era tersebut telah tergusur oleh era E-commerce. Semakin banyak orang yang tadinya hanya memiliki toko fisik saja kini beralih kepada toko online. Toko online memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan hanya menjual produk lewat toko fisik saja, salah satunya adalah networking, dimana Anda bisa menjual produk kemanapun Anda mau. Namun masalahnya adalah untuk sukses di dunia online shop sangat membutuhkan kerja keras dan juga kesabaran. Jika Anda ingin melesatkan penjualan toko online Anda, berikut trik-trik meningkatkan omset penjualan online shop.

cara meningkatkan omset penjualan online shop

Meminimalkan Presentasi Produk di Toko Online
Memang terdengar aneh, bagaimana bisa meningkatkan penjualan tapi mengurangi presentasi produk di toko online? Namun memang faktanya seperti itu, manusia cenderung akan kebingungan membeli, saat terlalu banyak produk yang ditawarkan. Psikolog, Jim Rohn, mengatakan bahwa jika seseorang sangat ingin sesuatu, ia pasti akan menemukan cara, sebaliknya jika tidak, ia akan keluar. Terlalu banyak produk hanya membuat orang bingung hingga akhirnya tidak menemukan sesuatu yang disukainya, berbeda jika Anda hanya menyajikan beberapa item saja di toko online Anda, rasa suka tersebut akan muncul lebih banyak lagi.

Rampingkan Bukan Hilangkan
Jangan Anda pikir bahwa dengan meminimalkan presentasi berarti menghilangkan produk-produk di situs Anda. Pastikan bahwa beberapa item utama Anda terpampang jelas di homepage. Setelah semuanya laku, maka segera ganti item yang terjual dengan produk-produk terbaru.

Ketahui Lokasi Terbaik Dalam Menempatkan Produk Anda
Setelah Anda tahu harus meminimalkan produk-produk yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah menempatkannya di lokasi yang tepat di toko online Anda. Menu navigasi bisa menjadi area ideal untuk penempatan item-item pilihan Anda. Lewat menu navigasi ini, pengunjung akan lebih mudah dipandu untuk menemukan produk yang mereka cari. Selain menu navigasi, lokasi terbaik lainnya untuk menempatkan produk adalah di produk terpopuler atau terbaru. Dengan cara ini, produk-produk pilihan Anda akan dengan mudah diketahui oleh banyak orang, tentunya dengan kualitas dari produk tersebut.

Namun jangan sampai bermain-main di area terpopuler dan terbaru ini karena jika Anda memamerkan seluruh produk di kedua area tersebut, maka efek populer dan kebaruan pun akan hilang. Seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda harus selektif dalam memilih produk-produk tertentu. Baru setelah produk-produk tersebut laris manis baru Anda bisa menggantinya. Selain di area terpopuler ataupun terbaik, produk-produk pilihan Anda juga bisa ditempatkan di area related/recommended product di setiap halaman produk. Hal tersebut untuk semakin menguatkan kemungkinan penjualan terhadap produk-produk pilihan Anda.

Jangan Jual Produk Yang Tidak Dibutuhkan Banyak Orang
Trik-trik diatas tidak akan berhasil jika Anda tidak mengetahui produk-produk apa saja yang dibutuhkan banyak orang. Disinilah kemampuan intuisi dan juga analisa Anda bermain. Semakin Anda mampu memahami keinginan banyak orang, maka semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan keuntungan, tentunya dengan penjualan produk-produk tertarget di toko online Anda. Selalu lakukan analisa dan validasi pasar agar produk-produk toko online Anda laku di pasaran.

Demikianlah beberapa trik cara meningkatkan omset penjualan online shop hingga 500 % yang bisa Anda aplikasikan pada toko online Anda, semoga bermanfaat.