Home » Tips Usaha » Cara Ternak Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Peking – Agar usaha bebek peking Anda bisa eksis, di samping menghasilkan daging bebek yang harus cukup tebal, sebaiknya bebek peking siap jual memenuhi kniteria pasar yaitu segar (fresh), telah disortir, bersih, dikemas bagus, dan juga didukung dengan harga kompetitif, kesanggupan stok yang kontinyu.Tak hanya itu, pengamat unggas dari IPB menyarankan agar peternak jeli memilih bebek peking yang memiliki produksi baik dan dikelompokkan sesuai umur agar bisa dipanen saat bersamaan.

Selain itu gunakan bibit yang bagus agar kualitas bebek yang dihasilkan juga bagus. Kriteria DOD bebek peking yang bagus, antara lain minimal bobot 6 gr umur 1 hari, bergerak lincah, punya insting kuat, kedua matanya melek, berbulu bagus dan kening, kaki tidak cacat, warna paruh dan kakinya orange tidak pucat. DOD yang bagus pasti dari indukan yang berkualitas bagus. Caranya, usahakan dalam perkawinan menggunakan indukan jantan yang umurnya telah di atas satu tahun, sedangkan indukan betina sudah lebih dari 9 bulan. Karena pada masa itu, fisik bebek sudah sangat siap untuk kawin dan bertelur.

Ukuran kandang, yang ideal sangat diperlukan agar sibebek cukup untuk bergerak yang mana kepadatan populasi sebanyak 4 ekor tiap meter persegi sudah paling maksimal. Perbandingan jantan dan betina untuk perkawinan yang ideal adalah 1:5. Selain itu pemberian pakan 3 kali sehari harus habis dalam waktu 1 jam, agar tak mengundang lalat. Pakan yang diberikan setidaknya mengandung kadar protein 18-20% dan diimbangi dengan kandungan kapur. Pemberian pakan bisa menggunakan pakan pabrikan atau campuran jagung, dedak atau menir dan ikan. Bebek pun bisa diberi sayuran limbah pasar, namun sebaiknya jangan diberikan eceng gondok. Pasalnya sering terdapat lintah yang bisa termakan dan menyebabkan kematian.

Suhu optimal agar bebek berproduksi dengan baik sebaiknya berkisar 20-32°C. Jika suhu terlalu panas akan mengurangi nafsu makan bebek. Strateginya bisa membenikan pakan lebih banyak pada pagi dan sore hari. Selain itu ketersediaan air bersih sudah keharusan. Gunakan air sumur yang tak mengandung kaporit.

Pemula. Jika ingin belajar bebek ini, bisa saja Anda memulai dengan hanya membeli 100 ekor DOD untuk dibesarkan.Tetapi ingat, Anda perlu memahami bagaimana tingkah laku bebek peking dan bagaimana cara perawatannya. Upayakan belajar dari peternak senior.

Dibanding usaha pembesaran, usaha pembibitan terbilang lebih rumit. Sebab menyangkut indukan bebek yang akan bertelur. Indukan yang akan bertelur sangat rentan suasana bising atau pakan yang kerap bergonta-ganti. Carilah lokasi yang agak sepi dari suasana bising ataupun binatang yang kadang bisa membuat kaget si bebek. Selain itu, orang-orang yang masuk ke dalam kandang jangan terus bergonta-ganti.