Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Media & Penerbitan » Inilah Alasan Mengapa Bisnis Studio Photo Wajib Kamu Coba

Inilah Alasan Mengapa Bisnis Studio Photo Wajib Kamu Coba

Posted at September 6th, 2016 | Categorised in Media & Penerbitan

Kegemaran terhadap fotografi belakangan ini tidak lagi hanya dilihat sebagai kegiatan pemotretan seadanya namun dapat menciptakan lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Dapat dilihat dengan semakin banyaknya kebutuhan perorangan atau perusahaan yang ingin mengabadikan momen dalam bentuk foto yang bukan sekadar foto biasa, namun punya nilai seni yang bisa memperlihatkan ekspresi seseorang. Lalu seperti apa prospek usaha ini, mana yang lebih menguntungkan antara studio foto yang dirintis sendiri dengan studio foto dengan sistem franchise?

Setiap orang selalu ingin mengabadikan momen yang ada di dalam hidupnya. Mulai dan momen kelahiran hingga momen pernikahan. Bukan hanya. itu, banyak pula perorangan dan perusahaan yang ingin memotret diri atau produknya sehingga foto yang dihasilkan bukan sekadar foto dokumentasi tetapi lebih kepada foto bernilai seni yang memiliki makna. Tentu hal ini dilihat sebagai peluang bisnis terutama oleh para pehobi foto. Karena memang tidak semua orang dapat memotret objek dengan hasil foto yang bersifat estetis, ada nilai, dan emosi di dalamnya sehingga membuat foto tersebut lebih hidup. 

 

Image From : http://www.hotel-r.net/

Image From : http://www.hotel-r.net/

 

Namun tidak menutup kemungkinan pula masyarakat awam untuk ikut terjun dalam bisnis foto ini asalkan memiliki karyawan yang mengerti dan memahami ilmu fotografi. Seperti yang diungkapkan oleh Darwis Triadi. Untuk memulai bisnis ini yang pertama kali dibutuhkan ialah skill, kalau nggak ada keahlian maka akan sulit. Namun, hal itu bisa dilatih yang bisa dilakukan secara non formal,  yang penting dan fotografi ialah praktek banyak melakukan latihan akan meningkatkan skill, ungkap Darwis.

Mengenai modal ada beberapa pilihan dalam memulai usaha foto ini. Di antaranya foto wedding, meliput pre-wedding dan liputan acara pernikahan, foto anak dan balita yang khusus untuk menangkap momen-momen natural, lucu dan menggemaskan yang ditampilkan oleh anak balita, dan foto produk. khusus untuk menampilkan citra atau branding sebuah produk. Ada pula studio foto franchise yang bisa dimiliki masyarakat awam tanpa harus lebih dulu mendalami seluk beluk fotografi, namun sudah memiliki karyawan yang ahli di bidang fotografi dan nama usaha yang sudah dikenal luas. Untuk terjun dalam bisnis studio foto, bila modal terbatas tidak perlu membutuhkan studio foto di lokasi seperti ruko. Syaratnya hanya dengan memiliki keahlian fotografi bisa menawarkan jasa foto.

Lokasi usaha bagi pemula yang ingin terjun dalam bisnis ini, bisa mempergunakan rumah sebagai studio kecil-kecilan. Bagi Anda yang memiliki modal besar, bisa melirik tawaran studio foto yang dibuat dengan sistem franchise seperti Malibu 62. Untuk menjadi franchisee, investasi yang harus dikeluarkan memang terbilang cukup mahal, Rp 190 juta, namun di dalamnya sudah termasuk semua perlengkapan studio foto, dan pelatihan karyawan dengan balik modal cukup cepat sekitar 18- 30 bulan. Tetapi untuk lokasi harus milik sendiri dan letaknya cukup strategis.

Strategi pemasaran bisnis usaha studio foto terbilang cukup unik, tidak ada patokan pasti untuk harga sebuah foto karena yang dinilai ialah nilai seni dan estetis yang ada di dalamnya. Karena itulah agar jasa pemotretan dapat dikenal orang, hal yang harus dilakukan ialah terus menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, Memberikan pelayanan terbaik kepada calon konsumen sehingga menimbulkan kedekatan hubungan juga menjadi sesuatu yang penting dalam bisnis ini. Tentunya cara yang paling umum dilakukan untuk promosi ialah dengan mengekspose dirinya. Seorang fotografer yang ingin menjadikan hobinya sebagai bisnis, memang harus melakukan promosi untuk mengekspose dirinya dengan cara rajin ikut pameran, mempromosikan portfolio ke berbagai komunitas foto atau teman-teman terdekat, ikut dalam komunitas foto, atau promosi melalui internet juga tetap menjadi pilihan.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Inilah Alasan Mengapa Bisnis Studio Photo Wajib Kamu Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha jingle perusahaan
Peluang Bisnis Usaha Pembuatan Jingle Iklan Perusahaan, Makin Digemari

Belakangan ini hampir semua iklan yang tayang di televisi maupun radio memakai jingle...

Close