Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Success Story » Kisah Sukses – Bapak Ini Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias, Dengan Omset 56 juta Perbulan

Kisah Sukses – Bapak Ini Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias, Dengan Omset 56 juta Perbulan

Posted at July 23rd, 2016 | Categorised in Success Story

Indonesia merupakan negara kelautan dan perikanan membuat budidaya ikan hias memiliki peluang yang sangat menggiurkan. bisnis usaha ini juga mampu bertahan lama karena diminati konsumen tak hanya penggemar ikan hias, namun juga masyarakat umum mengingat manfaat ikan hias dapat menghilangkan stres pikiran. Bahkan ikan hias ini juga diminati konsumen hingga luar negeri. Benih ikan hias yang diproduksi Misir sering diekspor ke luar negeri seperli Singapura, Malaysia dan Cina) melalui para eksportir ikan hias.

Salah satu pembudidaya ikan hias di Indonesia yang mampu mempertahankan bisnis usahanya hingga kini menginjak tahun ini adalah Misir pemilik Mischosella Fish. Tepat pertengahan tahun 2005, Misir merintis bisnis usaha budidaya ikan hias dengan modal sekitar Rp 5 juta untuk membeli 5 ekor indukan ikan hias, sekitar 500 benih beberapa jenis ikan hias, peralatan perikanan, dan Iain-Iain.

Indukan dan benih ikan tersebut dibeli dari pasar Jatinegara dan Pasar Pramuka Jakarta Timur. Saat ini tiap bulan Misir mampu menjual sekitar 3.000-5.000 benih/anakan ikan hias sehingga omset yang diperoleh sekitar Rp 56 juta dengan keuntungan 40-50%. Persentase pemasukan dari ikan hias jenis Discus paling besar, yakni sekitar 60%. Terkadang ia kewalahan jika ada pesanan borongan dari para eksportir ikan hias. la pun sering bekerja sama dengan para peternak dan penghobi ikan hias sekitar Jabodetabek untuk memenuhi pesanan benih ikan tersebut.

 

bisnis usaha budidaya ikan hias

 

Ikan Discus merupakan ikan berbentuk seperti disk dan mampu menjaga kebersihan akuarium yang disukainya serta berdaya jual tinggi sehingga sangat menguntungkan. Selain cantik dan indah dipandang, Discus memiliki beberapa strain/ jenis berdasarkan corak, warna dan keturunan. Sekarang Misir sudah mampu memperbanyak beberapa jenis/warna ikan Discus seperti Red Royal. Blue Snake, Skin Snake, Skin King Cobra, Blue Diamond, Red Melon, San Merah dll.

Benih/anakan ikan yang dijual Misir bervariasi. Rata-rata bibit/ anakan ikan yang dijual berukuran 1-2 cm, soal harga tergantung jenis dan kualitas ikan. Misalnya, ikan yang paling diminati, yaitu ikan Discus benih/anakan sekitar Rp 15-25 ribu/ekor, harga indukan sekitar Rp 750 ribu-2,5 juta/pasang, benih ikan Guppy sekitar Rp 2-3 ribu/ekor, harga indukannya sekitar Rp 75-200 ribu /pasang, benih Cupang sekitar Rp 1 -2,5 ribu/ekor, harga indukannya sekitar Rp 50-150 ribu/pasang.

Tren. Strategi yang dilakukan Misir agar bisnis usahanya bisa tetap survive dalam waktu lama,antara lain berupaya membuat tren baru dari jenis ikan yang banyak diminati masyarakat,baik dari segi warna dan corak yang berbeda, serta terus berkesinambungan (artinya dari jenis ikan yang sama diproduksi corak yang berbeda, misalnya albino, blue, merah dan lainnya yang tersedia secara kontinu). Untuk dapat menyediakan ikan dengan beragam corak dan warna yang berbeda, Misir melakukan proses kawin silang indukan yang berbeda corak dan unggul.

Selain itu menjaga keaslian indukan terbaik sehingga kualitas benih sesuai dengan indukan, dengan memelihara ikan sejak kecil. Misir juga berbisnis usaha menjaga kepercayaan konsumen dengan cara, misalnya menyediakan pesanan benih ikan berkualitas sesuai permintaan. Apabila benih/anakan cepat mati minimal satu minggu tanpa kesalahan perawatan, maka bisa diganti Selain itu, menurut Misir budidaya ikan hias sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan perhatian khusus. Bahkan saya melakukan bisnis usaha ini awalnya sebagai sampingan. Kuncinya lakukan dengan hati dan rasa senang, jelasnya.

Misir, Pemilik Mischosella Fish

Kiat lain, Misir rajin menyediakan dan berupaya membuat tren baru dari jenis ikan yang ia budidayakan, sehingga selalu berkembang warna dan coraknya dan dapat terus berkesinambungan. Yang menjadi tantangan para pelaku bisnis usaha ikan hias baik di pasar lokal maupun luar adalah kesanggupan menyediakan benih unggul dan yang sedang tren dalam jumlah banyak dan kontinu Misir juga memberikan pelayanan garansi bagi benih/ anakan ikan yang dibeli konsumen selama 1 bulan. Jika benih/ikan mati karena memang kualitasnya kurang bagus, maka akan diganti dengan yang baru. Namun jika benih/anakan ikan mati karena kesalahan dalam perawatan, maka garansi tidak berlaku.

Juga selalu menjaga komunikasi dengan peternak ikan hias, supplier dan pembeli, serta memberikan konsultasi gratis masalah budidaya, pemijahan dan Iain-Iain, menjadi kunci sukses Misir. Dengan cara demikian ia selalu kebanjiran permintaan dari kalangan penghobi ikan hias, penjual ikan hias dan pelanggan dari proyek-proyek instansi, sekolah, dan kantor.

Strategi Perbesar Omset. bisnis usaha budidaya ikan hias tidak perlu lahan yang luas, lebih efisien, cepat jual, tidak basi dan untung maksimal. Karena peternak bisa menentukan harga jual yang tidak tergantung biaya produksi, tetapi bisa ditentukan dari segi ukuran benih, kualitas dan tingkat kelangkaan benih ikan sejenis di pasaran. Bahkan semakin besar ukuran benih dan indukan. maka harganya akan semakin mahal. Untuk memperbesar omset. Misir berbisnis usaha meminimalisir biaya dan efisiensi produksi. Caranya dengan meningkatkan hasil produksi ikan sebanyak-banyaknya.

Bahan baku dan biaya semua ditanggung oleh Misir. Selanjutnya dibeli lagi oleh Misir atau dengan bagi hasil. Cara ini dinilai efektif, sebab ikan yang diproduksi jadi terawat optimal. Dan untuk mengefisiensikan ongkos kirim, air dalam plastik kemasan dikurangi namun tetap dalam jumlah cukup ketika akan dikirim dalam jarak jauh. Asalkan setibanya di tempat tujuan ikan langsung ditaruh dalam air akuarium yang sudah divakum atau siap pakai.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Kisah Sukses – Bapak Ini Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias, Dengan Omset 56 juta Perbulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
kepribadian dalam memulai bisnis usaha
4 Kepribadian Unik Yang Harus Anda Miliki Untuk Memulai Bisnis Usaha

Semakin banyak orang yang terjun ke dunia bisnis, namun hanya beberapa orang yang...

Close