Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Home Industri » Melirik Usaha Kerajinan Ukir Kayu Dan Tanduk Di Magelang

Melirik Usaha Kerajinan Ukir Kayu Dan Tanduk Di Magelang

Posted at August 23rd, 2016 | Categorised in Home Industri

Usaha Kerajinan Ukiran Tanduk dan Kayu Magelang – Desa Pucang, Kecamatan Secang yang terletak 11 km di bagian utara Kota Magelang merupakan sentra pembuatan produk kerajinan yang terbuat dari bahan tanduk dan kayu. Tangan tangan terampil warga Pucang tersebut mampu mengubah tanduk kerbau dan sapi serta kayu menjadi perkakas rumah tangga dan pernak-pernik aksesori yang indah dengan sentuhan seni.

Usaha kerajinan tanduk berlangsung turun-temurun di Desa Pucang sejak 1960-an, dan sentra kerajinan kayu mulai dirintis tahun 1990-an karena semakin langkanya bahan baku tanduk. Kini jumlah pengrajin ukiran tanduk dan kayu di Desa Pucang berjumlah lebih dan 30 orang.

Hasil karya para pengrajin di Desa Pucang sudah dipasarkan di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Jakarta, Bali, Bandung, dan Surabaya melalui pedagang perantara di beberapa kota tersebut.Tak hanya Itu, ukuran tanduk dan  kayu kreasi pengrajin Desa Pucang juga sudah diekspor ke sejumlah negara di Eropa.

 

kerajinan ukiran kayu magelang
 

Salah satu pengrajin ukiran tanduk dan kayu adalah Sururi, di Dusun Karang Kulon, Desa Pucang Kecamatan Secang. Pemilik UMKM Citra Mandiri ini mengatakan produk kerajinan kayu maupun tanduk bervaniasi jenisnya, seperti jam dinding dan kayu dengan harga Rp 40 ribu per buah, tongkat kayu Rp 15 ribu per buah, garuk punggung Rp 3 ribu per biji, hiasan naga dan tanduk Rp 125 ribu per buah, mangkuk tanduk Rp 17 ribu per buah, tusuk konde Rp 5 ribu per biji, dan sisir maupun sisir kutu Rp 5,5 ribu – Rp 75 ribu per buah

Bahan baku tanduk biasanya didapatkan dari kota Jakarta, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Namun di akhir tahun 1980an sangat sulit mendapatkan bahan baku tersebut. Oleh karenanya, sebagai bahan baku pengganti maupun tambahan para pengrajin menggunakan kayu yang sangat mudah didapatkan di Magelang. Untuk kapasitas produksi pengrajin rata-rata mampu menghasilkan 100 kodi produk berbagai jenis tiap bulan.

Tak ada minimal jumlah pembelian yang ditentukan para pengrajin untuk konsumen baik yang berada di dalam maupun luar Magelang. Hanya saja, para konsumen di luar kota biasa memesan dalam satuan kodi untuk menghemat biaya pengiriman. Bagi para wisatawan yang mengunjungi Magelang bisa membell produk secara langsung di workshop para pengrajin, dengan sistem pembayaran tunai.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

2 Comments for Melirik Usaha Kerajinan Ukir Kayu Dan Tanduk Di Magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
kerajinan kuningan magelang
Mengupas Tentang Bisnis Usaha Kerajinan Kuningan Magelang

Usaha Kerajinan Kuningan Magelang - Kreasi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Magelang dalam...

Close