Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Bisnis Usaha » Memulai Bisnis ketika masih muda? Why not?

Memulai Bisnis ketika masih muda? Why not?

Posted at September 26th, 2016 | Categorised in Bisnis Usaha

Masih muda tapi sudah ingin punya bisnis? Kini tidak lagi tabu. Dulu, untuk memulai sebuah usaha atau bisnis dibutuhkan pengalaman dan modal, karena itu banyak yang menunda memulai bisnis karena merasa belum cukup usia atau belum memiliki modal besar. Memang tidak sepenuhnya salah, namun kini seiring dengan perkembangan zaman, manusia jadi makin kreatif dengan menciptakan banyak peluang bisnis yang dapat dikerjakan oleh siapapun, tua muda, laki-laki dan perempuan, maupun anak-anak sekalipun.

Pelajar dan mahasiswa juga sudah mulai melirik dunia usaha, hal ini tidak hanya karena ingin mendapatkan tambahan uang jajan atau karena ingin membiayai sekolah sendiri, namun juga sebagai akibat makin sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia sedangkan jumlah pengangguran dan angkatan kerja setiap tahunnya makin bertambah.

Memulai bisnis tanpa pengalaman memang riskan, namun hal ini hanya berlaku untuk bisnis besar, karena itu tidak semua bisnis cocok dilakukan oleh pemula. Namun bukan berarti teknik berbisnis di usia muda tidak dapat dipelajari. Kini sudah banyak bermunculan para pebisnis muda yang sudah sukses dan siap membagikan ilmunya melalui kelas-kelas bisnis baik secara offline maupun online. Bisnis tersebut sudah dapat dilakukan dengan hanya mengeluarkan modal yang relatif sedikit namun dapat menghasilkan pemasukan yang cukup lumayan sebagai pengganti uang jaja, uang pulsa dan bila berhasil lebih besar dapat digunakan untuk membiayai sekolahnya.

Lalu bisnis apa yang cocok dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa tersebut yang notabene masih disebut sebagai newbie atau pendatang baru tersebut ?

 memulai bisnis usaha di usia muda

  • Hobi yang menghasilkan

Tak sedikit ahli bisnis yang menyebutkan, apabila para pelajar dan mahasiswa tersebut ingin memulai bisnis dan sukses, salah satunya adalah berasal dari hobi yang dapat menghasilkan. Mengapa harus hobi? Karena mereka masih pada usia yang labil dan belum stabil secara emosi. Halangan sedikit saja dapat menyurutkan minat mereka untuk melanjutkan bisnis. Namun bila dilakukan dari hobi atau aktifitas yang mereka sukai, tentunya halangan sebesar apapun tak akan jadi penghalang. Beberapa hobi yang dapat menghasilkan antara lain dari hobi menggambar, menulis dan membuat kerajinan tangan seperti bros dan lain-lain. Yang suka fashion dapat berjualan baju, hijab dan aksesoris.

  • ¬†Berjualan pulsa dan snack

Hanya bermodalkan beberapa ratus ribu dan handphone, anak-anak muda tersebut sudah dapat berjualan pulsa di kampus, namun bagi pelajar sekolah menengah tentunya sangat terbatas karena sekolah masih belum memperbolehkan siswa membawa handphone ke sekolah. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan di luar jam sekolah. Kamu juga dapat berjualan kue atau snack di sekolah saat jam istirahat atau sesaat sebelum masuk sekolah. Kamu juga dapat menitipkannya di kantin sekolah atau kampus dan menerima pesanan

  • Menjual koleksi barang yang dimiliki

Kamu suka mengkoleksi barang seperti baju branded, buku, perangko, uang kuno dan lain-lain. Koleksi mobil hot wheel kamu cukup banyak bahkan ada yang sama? Kamu bisa menjual barang-barang tersebut dengan memanfaatkan sosial media yang kamu miliki. Bergabunglah di komunitas pecinta barang-barang tersebut untuk mendapatkan calon pembeli. Tak jarang kolektor akan membayar mahal bila memang barang tersebut ia cari.

  • Menjadi dropshipper atau reseller

Tidak memiliki hobi yang menghasilkan, tidak juga memiliki koleksi yang bisa dijual tapi kamu hobi menulis dan memposting sesuatu di sosial media ? Jangan berkecil hati, kamu dapat menjadi dropshipper atau reseller barang. Yang kamu lakukan adalah dengan bergabung menjadi member atau menghubungi pemiliki barang lalu kamu menjualnya di sosmed dengan hanya posting gambar produknya. Dengan menjadi reseller atau dropshipper kamu nyaris tidak mengeluarkan modal bahkan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang berasal dari selisih harga beli dari supplier dan harga jual.

Demikian sekilas tentang beberapa bisnis yang dapat dilakukan anak sekolahan atau mahasiswa. Semoga bermanfaat.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Memulai Bisnis ketika masih muda? Why not?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
marketing-komunikasi
6 Tips Membangun Komunikasi Pemasaran Yang Efektif

Saat Anda membangun bisnis pada awalnya, bagaimana menurut Anda cara membangun persepsi pelanggan...

Close