Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » UKM » Mengupas Tentang Bisnis Usaha Kerajinan Kuningan Magelang

Mengupas Tentang Bisnis Usaha Kerajinan Kuningan Magelang

Posted at August 23rd, 2016 | Categorised in UKM

Usaha Kerajinan Kuningan Magelang – Kreasi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Magelang dalam membuat produk kerajinan juga berkembang lewat karya kerajinan kuningan. Berbagai  jenis produk berbahan kuningan dihasilkan oleh para pengrajin di Kecamatan Grabag, yang terletak di utara Kabupaten Magelang. Lokasinya tak jauh dan Kecamatan Secang, kurang lebih 3 km.

Di kecamatan ini banyak terdapat pengrajin kuningan dengan hasil karya berupa kaligrafi maupun relief hewan. Salah satu pengrajin adalah Muhammad Fathurrahman pemilik Mahandika Galery yang sudah berkecimpung selama lebih dan 10 tahun. Selain Fathurrahman,terdapat setidaknya 32 orang pelaku UMKM yang mengkreasikan keahliannya di bidang tersebut. Produk yang dihasilkan sudah dipasarkan sampai luar kota dan mancanegara. Kapasitas produksi tiap pelaku UMKM rata-rata tiap harinya mampu menghasilkan hingga 50 pcs produk dengan bantuan tenaga kerja sekitar 5-15 orang.

 

kerajinan kuningan magelang

Image From pusat-tembaga.blogspot.com

 

Karena tingkat kesulitannya, hanga pnoduk kerajinan kuningan khas Magelang ini ditawarkan mulai dari Rp 750 nibu — Rp 1,75 juta per pcs, tergantung besarnya ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan produk. Kerajinan yang relative cukup mahal harganya ini Iebih banyak diminati konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Yang menarik dari kerajinan kuningan Magelang adalah model dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen, hanya saja harganya sedikit lebih mahal.

Dalam prosesnya, lembaran kuningan dipahat sesuai dengan model dan kreasi yang diinginkan.Tidak seperti memahat atau mengukir kayu, memahat lempengan kuningan membutuhkan tenaga ekstra sehingga satu orang karyawan hanya mampu menyelesaikan 1-2 produk dalam satu hari. Namun pekerja yang telah ahli, dalam sehari mampu menghasilkan hingga 5 produk. Bahan baku kuningan biasanya berasal dari Semarang, Boyolali maupun Surabaya. Pengrajin kuningan Magelang sengaja memilih bahan baku yang masih baru agar lebih mendapatkan kualitas kuningan yang baik.

Pemasaran produk kerajinan kuningan banyak dilakukan melalui ajang pameran di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Bali. Selain itu, para pengrajin aktif memasarkan melalul website maupun jejaring sosial. Yang tak kalah menarik adalah keikutsertaan beberapa pengrajin besar yang turut mengikuti pameran di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Bagi konsumen yang tertarik untuk membeli hasil kerajinan Kuningan Magelang, dapat menghubungi para pengrajin secara langsung melalui telepon maupun berkunjung langsung ke beberapa galeri mereka. Pesanan untuk luar kota biasanya dikenakan biaya kirim yang ditentukan oleh jarak pengiriman. Dalam pengiriman, para pengrajin sengaja mémberikan packing kayu untuk menjaga kualitas baràng tetap baik hingga diterima oleh konsumen.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Mengupas Tentang Bisnis Usaha Kerajinan Kuningan Magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
batik tulis wonogiri
Di Balik Layar Bisnis Kerajinan Batik Tulis Khas Wonogiri

Kerajinan Batik Tulis Wonogiri - Meskipun Wonogiri tidak memiliki predikat sebagai kota budaya...

Close