Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Home Industri » Melirik Usaha Kerajinan Furniture Di wonogiri

Melirik Usaha Kerajinan Furniture Di wonogiri

Posted at August 23rd, 2016 | Categorised in Home Industri

Usaha Kerajinan Furniture di Wonogiri -Sentra kerajinan furnitur Wonogiri sudah terkenal sejak lama, karena mempunyai kualitas yang baik dan harga yang kompetitif. Bentuk ukiran pada furnitur yang dihasilkan oleh sebagian pengrajin merupakan warisan dari para leluhur dan seiring perkembangan jaman mengalami penyempurnaan. Sentra industri furnitur atau mebel tersebut berada di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Batuwarno, Ginitontro dan Paranggubito Terdapat sedikitnya terdapat 60 orang pengrajin mebel di sentra tersebut.

Sentra industri mebel ini sudah dikembangkan sejak awal kemerdekaan RI, dengan mengandalkan bahan baku kayu jati, namun belakangan mulai banyak menggunakan kayu mahoni dan jenis yang lain seiring dengan semakin meningkatnya permintaan furnitur yang harganya lebih terjangkau.

Produk furnitur yang ditawarkan seperti meja, kursi, almari, tempat tidur, rak, kusen, dan sebagainya. Beberapa pelaku usaha biasanya membuka gerai workshop guna menarik minat konsumen yang sengaja datang ke Wonogini. Adapun harga yang ditawarkan sepenti meja Rp 150 ribu -Rp 300 ribu, kursi Rp 100 ribu, almari Rp 300 ribu -Rp 1 juta, tempat tidur Rp 1 juta -Rp 5 juta, rak Rp 500 ribu – Rp 2juta dan sebagainya.

 

bisnis usaha furniture di wonogiri

Image From http://townandcountryblueridge.com/

 

Beberapa pengrajin masih menggunakan bahan baku kayu jati murni dengan kualitas terbaik yang diperoleh dari Dinas Kehutanan Wonogiri. Namun ada pula yang menggunakan jenis kayu mahoni dan jenis lain sebagai bahan alternatif pengganti supaya produk dapat diterima dengan harga yang relatif murah, Dalam proses produksinya, bahan baku kayu jati dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah itu biasanya dilakukan tahapan perendaman selama 1 hari untuk memperkuat kualitas kayu. Lalu kayu dikeringkan selama 1 minggu dengan tujuan agar kayu mudah diolah. Kayu lantas dipotong kecil kecil sesuai ukuran pola produk mebel yang akan dibuat. Setelah dirangkai menjadi beberapa bagian sesuai pola, produk mebel yang sudah jadi kemudian diukir dan diberi pelitur atau dicat.

Selain dipasarkan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Surabaya, mebel asal Wonogiri juga dikirim ke beberapa wilayah di Jakarta, Bandung, dan Sulawesi, bahkan beberapa produk sudah rutin diekspor ke sejumlah negara Eropa Amerika dan Australia. Rata rata pengrajin mampu mengirimkan pasokan ekspor sebanyak 2-3 kontainer setiap bulannya.

Untuk mendapatkan berbagai produk furnitur tersebut, Anda bisa menghubungi langsung para pengrajin. Dengan membayar uang muka 50%, dan sisa pembayaran dilunasi setelah barang siap kirim. Tidak ada minimal order dalam pemesanan, namun semua ongkos kirim biasanya ditanggung pemesan yang besarnya mencapai 30% dan jumlah pembelian.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Melirik Usaha Kerajinan Furniture Di wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha kerajinan akar jati blora
Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora Makin Diminati Pasar Luar Negeri

Bisnis Kerajinan Akar Jati Blora - Melimpahnya bahan baku akar jati di Kabupaten...

Close