Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Agribisnis » Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik Makin Digemari

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik Makin Digemari

Posted at September 27th, 2016 | Categorised in Agribisnis

PELUANG BISNIS TANAMAN HIDROPONIK

Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki beragam hasil pertanian mulai dari makanan pokok, sayuran, buah-buahan hingga tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai obat alami berbagai penyakit. Namun karena perkembangan zaman dan populasi, jumlah lahan untuk bertanam tidak lagi seluas dahulu, selain itu bermacam pencemaran lingkungan menyebabkan hasil pertanian tak sebaik dahulu baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Untuk mengantisipasi kurangnya pangan, maka bertanam secara hidroponik kini makin digemari. Kalau dahulu hanya para ibu yang menanam sayuran atau rempah di dalam pot untuk sekedar memenuhi kebutuhan dapur kini bertanam hidroponik atau di dalam pot dengan memanfaatkan lahan terbatas menjadi peluang usaha baru di bidang pertanian.

Dengan ketekunan dan kerja keras, Anda dapat menjadi seorang petani sayur tanpa harus memiliki lahan yang luas. Cukup memanfaatkan halaman rumah yang tidak seberapa luas atau sisa tanah di samping rumah untuk menanam sayuran dan rempah. Anda juga dapat memanfaatkan botol plastik bekas minuman ringan atau gelas plastik bekas hingga dapat menekan biaya. Anda tinggal membeli tanah yang telah di campur dengan pupuk kandang atau kompos dalam kemasan 5 kg dan biji sayuran atau buah-buahan yang dapat dibeli toko bibit dan alat pertanian. Anda juga tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk menjalankan bisnis ini. Anda cukup menyiram tiap pagi dan sore dan sedikit waktu untuk menyiangi tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman sayuran Anda. Karena praktis dan relatif mudah makan bisnis ini banyak dilakukan oleh karyawan yang waktunya telah banyak tersitu untuk bekerja, atau dijalankan ibu rumah tangga sembari mengelola rumah dan mengurus anak. Atau dapat pula dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa.

Mengapa tanaman hidroponik banyak digemari? Hal ini disebabkan  tanaman hidroponik relatif hemat dalam penggunaan air, tidak menggunakan pestisida, cukup higienis karena tidak menyentuh tanah dan jarang diserang ulat atau serangga. Salah satu tanaman hidroponik yang banyak ditanam adalah cabai dan beragam sayuran.

Ada 3 cara bertanam hidroponik yang dapat Anda lakukan, yaitu :

  1. System NFT ( Nutrient Film Technique )

 

bisnis-usaha-tanaman-hidroponik

 

Dalam system bertanam ini, Anda  membuat selokan dalam sebuah pipa yang dilubangi. Akar tanaman dapat langsung terkena air yang telah diberi unsur nutri zat hara. Cara ini cocok untuk menamam sayuran seperti bayam.

 

  1. Wick System

 

 bisnis usaha tanaman hidroponik makin dilirik

 

Hampir serupa dengan sistem NFT namun pipa tidak dijadikan selokan namun hanya sebagian dipotong lalu diletakkan dalam sebuah wadah yang telah diisi zat hara. Sistem ini disebut juga dengan sistem sumbu. Uniknya Anda dapat memanfaatkan botol bekas minuman, tentu saja ini dapat menghemat pengeluaran Anda dalam membeli bahan untuk bertanam hidroponik.

 

  1. Air tetes atau Drip System

 

bisnis-usaha-tanaman-hidroponik-menggiurkan

 

Bila Anda akan menggunakan system ini, maka Anda perlu mempersiapkan  polybag  yang telah diisi dengan sekam padi, lalu air yang mengandung unsur hara diusahakan menetes sedikit demi sedikit.

Dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah, Anda sudah dapat memulai menanam sayuran secara hidroponik. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak namun bisnis ini memang membutuhkan ketekunan, berani mencoba dan tetap belajar. Hasilnya dapat Anda jual dengan menitipkan sayuran dari kebun hidroponik kepada tukang sayur, bahkan dalam skala besar Anda dapat mensuplai warung makan, restoran bahkan supermarket. Jenis tanaman atau sayuran yang banyak diminati adalah cabai, tomat, bawang, bayam, kangkung, selada dan lain-lain. Bahkan Anda pun dapat mencoba bertanam buah di pot atau tanaman herbal seperti jahe, kencur, kunyit dan lain sebagainya.

Demikian sekilas tentang peluang berbisnis tanaman hidroponik, semoga dapat menjadi inspirasi.

 

 

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik Makin Digemari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis-usaha-buku
Bisnis Berjualan Buku Baru Dan Bekas Di Sosial Media

Suka membaca buku dan mempunyai koleksi buku yang sudah sangat banyak dalam berbagai...

Close