Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil Dan Keuntungannya

Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil Dan Keuntungannya

Posted at September 30th, 2016 | Categorised in Peluang Usaha

Meski kini transportasi publik makin nyaman dan tersedia banyak pilihan, namun kebutuhan kendaraan bermotor ternyata semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kendaraan pribadi dapat menjangkau wilayah pedalaman yang tidak dilewati oleh jalur transportasi umum. Karena itu peluang usaha rental mobil akan tetap selalu diminati. Menyewa kendaraan sendiri relatif lebih hemat manakala tempat yang dituju jauh dari stasiun, bandara atau terminal sehingga tak sedikit orang yang membutuhkan transportasi tambahan.

Mahalnya harga kendaraan, biaya perawatan dan harga BBM membuat sebagian orang enggan untuk memiliki mobil sendiri apalagi bila hanya sesekali saja digunakan, ditambah lagi dengan biaya pajak kendaraan. Namun justru keengganan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha rental mobil bagi mereka yang dapat membaca peluang bisnis rental. Tidak hanya rental mobil untuk keperluan tertentu seperti acara keluarga, rekreasi dan mengantar pasangan pengantin, namun Anda dapat menyewakan kendaraan untuk usaha antar jemput karyawan atau siswa sekolah.

 

 bisnis usaha rental mobil

 

Bila Anda telah memiliki kendaraan sendiri dan cukup memadai untuk disewakan, mengapa tidak membuka usaha rental mobil ? Mulanya mungkin hanya satu kendaraan, namun dengan banyaknya pelanggan yang membutuhkan kendaraan, Anda dapat menyediakan beberapa armada yang dapat disewakan apalagi pada saat musim liburan, pastinya peminat akan membludak.

Meski cukup menjanjikan, bukan berarti usaha ini tidak mengandung resiko dan kekurangan. Pada beberapa kasus, dapat terjadi penggelapan kendaraan oleh para penyewa, terjadi kecelakaan yang dapat menyebabkan kerusakan ringan maupun berat yang harus ditanggung oleh pemilik usaha rental mobil dan lain-lain.

Usaha rental mobil mungkin diasumsikan dengan bisnis bermodal besar, ini karena Anda harus menyediakan mobilnya. Katakanlah untuk membeli satu unit Innova Anda membutuhkan dana kurang lebih 100 juta dengan tenor 3 tahun cicilan yang harus Anda bayar adalah sekitar 3 juta per bulan, maka bila satu kali sewa Anda mematok harga 500 ribu, maka untuk menutup biaya angsuran mobil tersebut, maka mobil Anda harus “dipekerjakan” selama kurang lebih 10 hari dalam sebulan, sehingga uang yang Anda dapat adalah Rp 500.000,- X 10 hari disewa = Rp 5.000.000,-, cukup untuk membayar angsuran dan biaya operasional serta mendapatkan keuntungan.

Lalu bagaimana Anda memulai usaha rental mobil ini ? Ada beberapa hal yang harus Anda persiapan untuk dapat menjalankan bisnis ini, yaitu :

  • Persiapkan armada. Pilih kendaraan yang dapat mengangkut banyak orang seperti Avanza, Xenia yang dapat mengangkut 7 orang penumpang. Pilih mobil yang tidak mudah rewel, mudah perawatannya dan biaya operasionalnya tidak terlalu besar.
  • Tentukan tarif harian, seperti 6 jam, 8 jam, 12 jam atau 24 jam, dengan periode waktu tersebut tentukan tarif yang berbeda.
  • Tentukan peraturan seperti para penyewa tidak bertanggung jawab dengan perawatan mobil namun biaya yang dibayarkan pada saat menyewa belum termasuk biaya BBM dan sopir. Anda dapat menyediakan jasa sopir bagi pelanggan yang membutuhkan dengan biaya tambahan. Anda dapat bekerja sama dengan sopir freelance yang selalu siap saat dibutuhkan. Pelanggan yang ingin menyewa harus menunjukkan KTP asli dan menyerahkan fotocopynya kepada Anda selaku pemilik kendaraan sebagai jaminan.
  • Persiapkan dana cadangan untuk antisipasi kerusakan kendaraan dan dana perbaikan. Anda juga dapat mengikutkan kendaraan Anda pada asuransi untuk melindunginya dari resiko. Anda juga dapat bekerja sama dengan bengkel yang dapat memberikan servis bagus dengan potongan harga.
  • Gunakan berbagai media sebagai sarana promosi, sebar pamflet di tempat-tempat strategis seperti hotel, penginapan dan sekolah-sekolah yang dapat memanfaatkannya saat musim liburan sekolah. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang Anda miliki.
  • Gunakan tenaga sopir yang handal, sopan, tidak ugal-ugalan saat mengemudi serta memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin agar mobil Anda terawat dengan baik, pelanggan senang karena dapat sampai di tempat tujuan dengan aman.
  • Ketika usaha rental mobil Anda berjalan dengan baik, Anda dapat menambah stok kendaraan untuk disewakan.

Demikian informasi tentang peluang usaha rental mobil yang dapat Anda jalankan baik untuk mendapatkan tambahan penghasilan atau sebagai sumber penghasilan utama.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil Dan Keuntungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha kos kosan
Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Kost

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat seiring dengan makin bertambahnya jumlah populasi orang...

Close