Home » Tips Usaha » Peluang Usaha Ternak Bebek Peking

Peluang Usaha Ternak Bebek Peking

Usaha Ternak Bebek Peking 3

Usaha Ternak Bebek Peking 3

Peluang Usaha Ternak Bebek Peking – Bebek peking kini tengah menjadi incaran para peternak unggas. Harga jual yang cukup tinggi, cepat panen dan Iebih tahan penyakit ketimbang ayam merupakan keunggulan bebek peking. Di Indonesia, belum banyak yang membudidayakan bebek peking meski permintaan yang ada selama ini cukup banyak. Sejauh mana prospek usaha bebek peking dan bagaimana agar usaha bebek yang dijalankan bisa sukses?

Bebek pedaging biasanya dipasok untuk rumah makan, restoran dan warung tenda yang menyuguhkan menu bebek. Salah satu bebek pedaging yang paling nikmat adalah bebek peking. Bebek asal Cina memiliki ciri yang sangat khas, yakni seperti angsa namun berleher pendek, warna bulunya khas putih, warna paruh dan kaki orange, dengan postur tubuh montok (agak gemuk) seperti mentok.

Di tingkat Internasional menurut pengamat agribisnis, bebek peking paling banyak dibudidayakan sebagai penghasil daging (bebek pedaging) dan penghasil bulu (untuk bantal, kasur, shuttlecock dll). Di Indonesia baru sampai tahap untuk penghasil daging saja.

Bebek peking paling banyak dibudidayakan, karena diterima oleh masyarakat internasional. Di Indonesia orang masih lebih banyak mengonsumsi bebek lokal, sebab harganya masih lebih terjangkau dari bebek asal China tersebut. Tetapi sejak tahun 2008, orang Indonesia mulai banyak mengonsumsi bebek peking. Hal ini disebabkan sedikitnya orang yang beternak bebek peking ketimbang bebek lokal, sehingga harganya masih mahal. Keadaan tersebut membuat peluang ternak bebek peking semakin besar karena iklim di Indonesia layak untuk usaha ternak bebek peking. Lahan yang ada juga terbilang masih luas dengan didukung jumlah konsumen yang cukup banyak, sehingga Indonesia sangat berpotensi, untuk pengembangan bebek peking.

Dari segi fisik, pertumbuhan badannya lebih cepat dibanding ayam dengan umur yang sama. Misalnya pada umur 1 bulan, bobot bebek sudah mencapal 1,5 kg, sedangkan ayam 1 kg. Bebek ini lebih tahan penyakit dibanding unggas lain. Perlengkapan ternak bebek peking tidak serumit bebek biasa. Bahkan bebek ini dapat hidup di alam terbuka dengan peneduh seadanya. Makanan yang bisa digunakan bisa berupa apa saja, misalnya yang ada di sekitar rumah atau area persawahan. Bebek peking termasuk hewan omnivora karena bisa memakan ikan, cacing sampai sayuran.

Prospek dan Persaingan.
Selama ini daging bebek peking memang dikenal paling enak. Sayangnya daging bebek peking yang dijajakan di supermarket masih berupa impor. Sebab banyak peternak lokal yang kurang mampu memasok pesanan yang ada secara kontinu dalam jumlah banyak. peternakan bebek peking saat ini masih kalah besar dengan itik (bebek) Indian Runner (itik Alabio, Tegal, Magelang, Mojosari dan Bali), yang sudah diusahakan oleh rakyat dalam skala sangat besar.

Belum lama ini mulai ada perusahaan ayam broiler yang beralih/menambah produknya ke bebek peking. Banyak dari mereka yang mengajak peternak lokal untuk bermitra. Sehingga untuk peternak bebek perorangan dalam skala besar baru ada satu dua pengusaha. Hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan munculnya wirausaha-wirausaha perorangan yang menggelar usaha ternak bebek peking dalam skala besar, mengingat banyak pesanan yang belum terpenuhi. Banyaknya permintaan akan daging bebek peking sejaktahun 2008, juga membuat usaha pembibitan DOD (day duck old) bebek peking kian moncer.

Comments