Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Agribisnis » Potensi Usaha Palem Dan Rumput Hias, Yang Makin Berkembang Dimasyarakat

Potensi Usaha Palem Dan Rumput Hias, Yang Makin Berkembang Dimasyarakat

Posted at July 23rd, 2016 | Categorised in Agribisnis

Prospek Bisnis Palem dan Rumput Hias Pesatnya pertumbuhan kawasan perumahan, perkantoran, hingga sekolah dan kampus menjadikan bisnis usaha budidaya palem dan rumput hias klan menjanjikan. Apalagi saat ini banyak perumahan yang dibangun dengan desain minimalis dengan Luas halaman yang sempit. Sehingga tanaman hias palem dan rumput hias sangat cocok ditanam terutama untuk penyejuk halaman rumah yang dibangun dengan desain minimalis. Palem Kuning dan rumput Gajah Mini saat ini ternyata paling diminati oIeh banyak pembuat taman di rumah modern minimalis. Seperti apa prospek bisnis usaha kedua jenis tanaman hias ini?.

  • Palem Kuning dan Rumput Gajah Mini Paling DicariĀ Untung Bisa di Atas 55%

Lokasi Budidaya. Indonesia memang surganya palem. lklim pertumbuhan palem tergantung jenisnya. Namun sebagian besar palem, tumbuh di dataran rendah, yakni sampai ketinggian 750m dpi. Tanah yang cocok sebagian besar yang bersifat porous (berpori). Media tanam yang sebaiknya dipakai terdiri atas campuran tanah, kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Suhu yang optimal juga suhu tropis, misalnya 20-35 derajat Celcius.
Sedangkan rumput hias yang ada di Indonesia tergolong rumput daerah panas dengan suhu optimal sekitar 27-35 derajat Celcius. Daerah tersebut memiliki curah hujan sedang sampai tinggi. Jenis tanah yang dipakai untuk budidaya rumput hias yakni tanah merah. Sentra budidaya rumput hias saat ini terletak di daerah Parung Bogor.

 

 bisnis usaha rumput hias
Perbanyakan Bibit. Umumnya perbanyakan palem hanya terdiri atas dua cara, yakni melalui biji dan pemisahan anakan. Meskipun pembentukan bibit dan biji lebih lama dan cara perbanyakan dengan pemisahan anakan, namun tanaman palem yang dihasilkan akan jauh lebih baik sebab tanaman lebih kokoh dan perakaran lebih dalam.

Tanaman palem yang diminati di pasaran, yakni Palem Botot, Palem Raja, Palem Putri, Palem Ekor Tupai, Palem Sadeng, Palem Phoenix, Palem Merah, Palem Bis arckia, Palem Kipas, dan Palem Wregu. Beberapa di antaranya merupakan palem impor yang telah dibudidayakan di Indonesia. banyak dikembangkan khususnya di Jakarta dan Bogor.

Harga jual tanaman palem yang sudah besar ditentukan per meter tinggi tanaman dan juga berdasarkan jenis tanaman. Biasanya tinggi tanaman palem yang sudah besar lebih dan satu meter, Seperti :

Palem Putri Rp 10 ribu/meter
Palem Kuning Rp 5-50 ribu/meter
Palem Bismarkia Rp 150 ribu/meter
Palem Kenani Rp 500 ribu/meter
Palem Ko ernesia Rp 750 ribu/meter
Palem Washingtonia Rp 100 ribu/meter
Rumput Gajah biasa umum ya dijual Rp 7,5-10 ribu/m2
rumput Golf Rp 10-15 ribu/m2
rumput Swiss Rp 20-25 ribu/m2
rumput Babat Rp 15-20 ribu/m2
rumput Jepang Rp 10-20 ribu/m2
rumput Peking Rp 15-20 ribu/m2
dan rumput Gajah Mini Rp 15-20 ribu/m2
( harga kisaran tahun 2012 )

Biasanya rumput hias siap dijual setelah ditanam selama 3 bulan. Namun umumnya para pelaku bisnis usaha ini melakukan panen lebih cepat dan waktu tersebut, misalnya hanya sebulan setelah tanam. Hal tersebut membuat harga rumput yang dijual menjadi rendah, meskipun demikian paling tidak bisnis usaha ini tetap dapat memperoleh keuntungan sebesar.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Potensi Usaha Palem Dan Rumput Hias, Yang Makin Berkembang Dimasyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha penyewaan alat berat
Peluang Bisnis Penyewaan Alat Berat, Ternyata Sangat Menguntungkan

Bisnis Penyewaan Alat Berat Pembangunan Gedung Perkembangan bisnis properti semakin marak seperti pembangunan...

Close