Comments Off

Prospek Bisnis Produk Berbahan Kertas

Produk Berbahan Kertas

Produk Berbahan Kertas

Prospek Bisnis Produk Berbahan Kertas – Usaha produk kreatif yang memanfaatkan bahan baku dari kertas tidak terpakai dari limbah rumah tangga, limbah perkantoran maupun daur ulang pabrik masih memiliki prospek yang sangat Cerah. Booming-nya produk berbahan baku kertas ini bisa dilihat dari menjamurnya aneka produk dari kertas yang dipajang pada pusat-pusat perbelanjaan. Prospek usaha ini juga didorong oleh isu global warming yang didengungkan masyarakat internasional, sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia akan keuntungan yang bisa didapat dari memakai produk berbahan baku limbah kertas. Selain mendatangkan keuntungan yang lumayan bagi produsennya, usaha kreatif ini juga mampu menolong kelestarian Iingkungan.

Agar limbah kertas tersebut memiliki nilai jual juga bisa dibuat menjadi produk yang memiliki nilai fungsional, seperti aneka tempat hantaran, kotak souvenir, tas, dompet, dan keranjang. Se- lain itu juga bisa dibuat produk bernilai estetika seperti karikatur, gambar background alam, bahkan lukisan orang. Ragam produk juga bisa dibuat sesuai dengan kreatifitas Anda. Semakin tinggi tingkat imajinasi seseorang maka variasi produk pun mudah dibentuk. Yang terpenting jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berkreasi.

Pemasaran. Setelah produk berhasil dibuat, masih ada langkah lain yang harus diperhatikan yaitu cara memasarkannya. Bagi pemula cobalah untuk lebih proaktif memperkenalkan produknya, Biasakan untuk menjual produk dari pasar ke pasar, dari satu pameran ke pameran lainnya. Sehingga paling tidak produk Anda dikenal orang. Setelah produk cukup dikenal, dengan sendirinya jalur distribusi terbentuk. Jika Anda belum bisa memiliki toko pajangan sendiri, gunakanlah hubungan dengan pelanggan sebagai sarana memasarkan produk.

Selain memakal jalur pemasaran konvensional mulailah melebarkannya lagi ke jalur yang lebih modern. Manfaatkanlah kemajuan teknologi terutama layanan internet, dengan memanfaatkan ikian layanan gratis di Internet. Mulailah dengan membuat website sendiri untuk mempromosikan semua jenis produk.

Tips Usaha. Yang sering terjadi, pelaku usaha ini sangat sulit untuk mengikuti perkembangan produk yang lagi digemari masyarakat. Kebanyakan lebih suka mempertahankan model sendiri daripada mengikuti tren. selera pasár harus betul-betul di utamakan. Seperti saat ini kerajinan dari kertas paper bag sedang digemari. Karena itu jika Anda membutuhkan ide demi membentuk produk baru gunakanlah layanan Internet dan Rajin-rajinlah menghadiri acara pameran, khuusnya yang berkenaan dengan bisnis Anda. Amatilah produk jenis apa yang lagi Hot, bila perlu langsung Anda beli sebagai contoh.

Kendala Usaha. Pelaku usaha ini masih kurang memperhatikan hubungan kerja dengan karyawan maupun pelanggannya. Karena itu perlu membina hubungan emosional dengan karyawan kita maupun dengan pelanggan. Cobalah untuk terbuka dengan kanyawan kita terutama soal kondisi pasar. Dengan begitu mereka pun bisa memiliki tanggung jawab lebih, dan bukan sekadar menggantungkan nasib saja. Begitupun dengan pelanggan, dengan cara jalin komunikasi yang rutin.

Filed in: Kerajinan Tags: , , , , ,

Get Updates

Share This Post

Related Posts

© 2014 Peluang Bisnis Usaha. All rights reserved.

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.