Prospek Bisnis Sepatu Boots Yang Tak Kalah Menggiurkan

Bisnis-usaha.com ~ Sepatu merupakan salah satu kebutuhan fesyen yang tidak lagi dinomorduakan setelah pakaian. Karena itu, bisnis sepatu memiliki prospek yang cukup Cerah. Apalagi masyarakat Indonesia mudah bosan tehadap satu model sepatu, sehingga sering ganti-ganti sepatu setidaknya 3 bulan sekali. Mengingat sudah menjadi kebutuhan fesyen, model sepatu juga berkembang mengikuti trend.
Prospek Bisnis Sepatu Boots Yang Tak Kalah Menggiurkan
Saat ini sedang diminati tren sepatu semi boot (sepatu yang ukuran boot-nya hanya setinggi mata kaki) baik untuk pria maupun wanita. Namun model sepatu semi boot untuk kaum wanita lebih beraneka ragam. Tren ini mengikuti tren di luar negeri terutama Eropa. Trend sepatu semi boot ini juga akan diminati sampai beberapa tahun kedepan. Sepatu semi boot ini hampir sama modelnya dengan ankle boot namun ukuran boot lebih pendek, tidak lebih dari mata kaki.

Tren sepatu semi boot ini lebih banyak disukai anak-anak muda, dan untuk mereka yang mengenakan busana muslim sangat cocok karena bagian ujung kaki tertutup. Sepatu semi boot juga sangat fleksibel untuk dibuat berbagai macam desain. Kalau dulu warnanya dominan hitam atau putih, namun saat ini warnanya yang sedang tren diminati cenderung warna-warna cerah dan lembut serta kontras dengan warna baju, misalnya merah, kuning, cokelat muda, pink, krem, putih tulang, dan lain-lain dengan berbagai motif misalnya motif kotak-kotak. Begitupun aksesorinya ada yang berupa pita, diamond, penggunaan resleting, dan lain-lain. Sepatu ini juga ada yang tanpa hak (flat), dan ada pula yang menggunakan hak setinggi 3 sampai 9 cm. Ada pula yang menggunakan hak wedges (hak model perahu, dari bagian depan sepatu hingga belakang sepatu). Bahannya pun tak hanya dan kulit namun ada yang mengguakan suede atau pun suede dikombinasi kanvas dan lain-lain.

Bagi pemula usaha yang ingin menjalankan usaha ini sebaiknya pelajari dulu keinginan pasar dan selera pasar, barulah membuat model sepatu yang sesuai, misalnya sepatu semi boot tanpa hak biasanya disenangi oleh konsumen kalangan anak muda yang ingin tampil sporty. Hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah faktor kenyamanan pemakai sepatu tersebut, misalnya ringan saat dikenakan, atau bagian dalam sepatu dilapisi busa.

Persaingan bisnis sepatu saat ini sudah cukup ketat, apalagi dengan masuknya produk impor dari China, sehingga bagi produsen sepatu semi boot lokal sebaiknya menggunakan teknologi mesin dalam membuat sepatu, tidak hanya mengandalkan handmade saja, sehingga produksi bisa dalam jumlah besar. Yang tak kalah penting adalah inovasi desain setiap saat, sehingga selalu ada model sepatu semi boot yang baru. Untuk itu, pelaku usaha bisa merekrut lulusan desainer untuk membuat berbagai desain yang tetap harus menyesuaikan keinginan pasar. Untuk memasarkan sepatu, di awal usaha bisa mengikuti acara-acara seperti bazar atau pameran, dan bisa pula menitipkan ke toko-toko sepatu, membuat website dan pemasaran lewat jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.