Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Tips dan Trik Bisnis » Sebelum Memulai Usaha Fitness Center, Inilah Tips Yang Harus Kamu Pahami

Sebelum Memulai Usaha Fitness Center, Inilah Tips Yang Harus Kamu Pahami

Posted at December 26th, 2015 | Categorised in Tips dan Trik Bisnis
 
 
 

Sejak jaman pra-sejarah olahraga sudah banyak diminati, banyak dimulai dari aktifitas harian seperti berkebun, bertani dan berburu para manusia pada jaman tersebut, setelah adanya ajang olah raga bertaraf Internasional yaitu olympic games (olimpiade) yang dimulai pada Tahun 776 sebelum masehi. Banyak yang menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup yang berdampak positif secara klinis.

 
Seperti badan terasa sehat dan bugar, memiliki bentuk tubuh yang ideal, dapat menjauhkan dari berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti jantung, darah tinggi dal lain lain. Dengan melakukan olahraga fisik seperti fitness sangat efektif membentuk tubuh menjadi ideal dan sekarang ini fitness adalah salah satu olahraga terpopuler, faktor inilah yang membuat trend / gym makin melonjak di perkotaan, dan daerah selain kota besar pun sudah mulai banyak mengikuti trend gym ini.

bisnis usaha fitness center
 

Dengan populernya kebiasaan nge gym ini dan menjamurnya fitness center  di berbagai daerah, dapat membuka pikiran dan mata kita akan peluang bisnis usaha yang menjanjikan dengan mempunyai usaha fitness center, dengan memperhatikan kualitas alat fitness yang bagus, perawatan yang baik, dan juga pengelolaan management yang baik, Anda dapat meraup omzet yang pastinya besar dibawah ini ada beberapa tips membuka fitness center agar dapat meraih kesuksesan.

1. Produsen Alat Fitness Yang Bagus

Banyak beredar alat fitness yang sifatnya kurang bagus, asal jadi, asal berbentuk alat fitnes, asal sambung, biasanya seperti ini mereka menyewa tukang las untuk membuat alat fitnes tsb. tanpa memperhatikan kualitas standar keamanan dan kenyamanannah hal ini harus diperhatikan dalam pemilihan produsen alat fitness dan tentu sangat krusial, pastikan sebelumnya bahwa produsen yang anda pilih memiliki system AFTER SALE SERVICE atau memiliki garansi yang bisa dipertanggung jawabkan, jangan memilih produsen yang menawarkan harga murah tetapi tidak menjamin keamanan dan kenyamanan serta garansi dari alat fitness tersebut.

2. Produk (Bahan Baku, Jenis dan Harga)

Perhatikan pemilihan bahan baku yang bagus seperti ukuran dan ketebalan besi yang di gunakan, jangan memilih tipe home use, tetapi pilihlan yang commercial use, yang dapat digunakan dengan intensitas yang tinggi dan dirancang khusus untuk untuk digunakan banyak orang.
Kerap terjadi pengelola fitness center harus menjual kembali alat-alat fitness yang mereka miliki dengan harga  murah karena tidak enak digunakan, yang dampaknya mengakibatkan sepi pengunjung, ada motto mengatakan “ada harga ada barang”ini sangat berpengaruh dalam pemilihan alat fitnes.

3. Kelengkapan Alat Fitness

Hal ini juga harus banyak diperhatikan mengenai kelengkapan alat fitnes di tempat fitncess anda, jangan mengandalkan alat fitness yang terlalu sedikit yang membuat member harus antri untuk memakai alat fitness tersebut, ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan member Anda dan hal yang terburuk, mereka akan mencari tempat fitness center lain yang alatnya lebih banyak dan memadai.

4. Lokasi dan Luas Ruangan

Pemilihan lokasi fitness center juga sangat penting, carilah lokasi yang dekat dengan keramaian komersil atau di daerah perumahan yang padat penduduk, pemilihan lokasi yang tepat untuk berlatih akan jadi hal penting bagi para member untuk menentukan dimana mereka akan berlangganan gym.
Luas Ruangan yang dibutuhkan berkisar dari:
  1. 45 m2:
  2. 65 m2: 
  3. 120 m2: 
 

5. Fasilitas Penunjang

Para member tentu tidak ingin salah memilih tempat mereka berlatih, ketersediaan fasilitas yang bagus dan nyaman tentu akan menjadi nilai positif tersendiri, seperti adanya fasilitas kamar mandi yang bersih, makanan dan minuman kesehatan, air minum, suplemen, kostum, fitness sound system, cermin diberbagai sudut ruangan dan wifi area.

 6. Instructor / Personal Trainer Yang Berpengalaman Dan Profesional

Adanya instruktur yang bagus dan profesional, dapat memudahkan member untuk berlatih yang benar, karena banyak member yang masih awam dengan cara berlatih yang baik dan benar hingga mereka merasa jenuh karena tidak ada hasil yang didapatkankan, nah itulah fungsi personal trainer mereka akan memandu sampai mendapatkan hasil yang maksimal.pilihlah instruktu/personal trainer yang memiliki pengalaman yang tinggi mengenai olahraga fitnes tersebut.

7. Staff Yang Ramah

Pelayanan yang maksimal harus anda tonjolkan dengan memiliki staff yang mempunya keramahan yang tinggi kepada konsumen, staff yang tidak ramah akan memberikan feedback negatif di tempat Anda, setidaknya Anda memiliki 5 staf yang terdiri dari 2 orang trainer yang profesional dan berpengalaman dalam hal olahraga fitnes, 2 orang pengelola, dan 1 lagi adalah bertugas sebagai petugas kebersihan.

8. Promo

Anda harus aktif dalam berpromosi  ke calon member baru, sampaikan hal-hal yang menarik mengenai fitness center anda, Anda dituntut kreatif dalam hal ini, misalnya anda menawarkan discon 25% bila member bersedia berlangganan selama setahun ditambah hadiah-hadiah menarik lainnya yang membuat calon member tertarik mengikuti latihan fitness ditempat Anda.

9. Adakan Kontes Baik eksternal Maupun Internal

Adakan kontes bagi para member, ini tentunya akan menjadi motivasi tersendiri bagi para member dengan menyediakan hadiah-hadiah yang menarik bagi pemenang, selain itu juga adakan kontes dalam skala internal dan eksternal dapat mempererat persabatan dikalangan member, ini dapat memberi efek positif kepada fitness center anda makin dikenal dan memiliki reputasi yang baik bagi bisnis usaha fitness center Anda kedepan.

10. Jam Operasional

Anda harus menyesuaikan jam operasional sebuah gym, biasanya terdiri dari 2 shift yang pertama mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang, dan shift kedua dimulai pada jam 2 siang sampai jam 9 malam.
Inilah beberapa tips mengenai cara membuka cara berbisnis fitness center, semoga bermanfaat.
 
BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Sebelum Memulai Usaha Fitness Center, Inilah Tips Yang Harus Kamu Pahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha fitness center
Raup Omzet Besar Dari Bisnis Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

  Kita ketahui bahwa budaya masyarakat kita yang ingin serba cepat dan tidak...

Close