Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Agribisnis » Sekilas Tentang Agri Bisnis Kacang Mede Khas Wonogiri

Sekilas Tentang Agri Bisnis Kacang Mede Khas Wonogiri

Posted at August 23rd, 2016 | Categorised in Agribisnis

Agri Bisnis Kacang Mede Kab. Wonogiri – Banyak potensi agribisnis yang berkembang di Kabupaten Wonogiri, salah satunya yakni kacang mede yang telah mampu menembus pasar Eropa. Sentra agribisnis kacang mede tersebar di Kecamatan Jatisrono sekitar 30 km arah timur kota Wonogiri. Di kecamatan ini terdapat sekitar 17.458 hektar luas lahan kacang mede dengan jumlah produksi mencapai 1.500 ton/tahun. Masa panen berlangsung selama 4 bulan, yaitu pada bulan November sampai bulan Februari tahun berikutnya.

Agribisnis kacang mede biasanya dikelola oleh 3-6 petani yang tergabung dalam 1 UKM dengan rata-rata luas lahan 10 ha. Jumlah UKM agribisnis kacang mede yang ada saat ini mencapai 35 orang. Ada dua produsen kacang mede yang cukup besar, yakni UD. Mandiri dan UD.Tanjung Mas. Namun, ada pula UKM kelas menengah kecil seperti UD Sekar Mandiri.

 

bisnis usaha kacang mede

Image From http://kacangmete.com/

 

Harga yang ditawarkan untuk kacang mede grade A (biji utuh) mencapai Rp 85 ribu per kg, sedangkan untuk grade B yakni kacang mede bentuk pecah besar ditawarkan dengan harga Rp 75 ribu per kg. Untuk pasar Indonesia, kacang mede yang ditawarkan masih terbatas grade B, dan grade C (pecah kecil) dengan harga Rp 65 ribu per kg. Sedangkan untuk kualitas paling rendah atau grade D (kacang menir) harganya Rp 45 ribu per kg.

Pemasaran produk kacang mede ini sudah meliputi seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Kacang mede asal Wonogini ini juga sudah diekspor ke sejumlah negara seperti Inggris, Prancis di Benua Eropa dan Australia. Pembelian kacang mede biasanya dilakukan dengan pembayaran secara tunai di muka satu bulan sebelum panen.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Sekilas Tentang Agri Bisnis Kacang Mede Khas Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha furniture di wonogiri
Melirik Usaha Kerajinan Furniture Di wonogiri

Usaha Kerajinan Furniture di Wonogiri -Sentra kerajinan furnitur Wonogiri sudah terkenal sejak lama,...

Close