Home » Kerajinan » Sentra Bisnis Kerajinan Yogyakarta

Sentra Bisnis Kerajinan Yogyakarta

Sentra Bisnis Kerajinan Yogyakarta

Sentra Bisnis Kerajinan Yogyakarta

Sentra Bisnis Kerajinan Yogyakarta | Sentra furniture di daerah Vogyakarta berlokasi di Ring Road Utara dan kawasan Jalan Imogiri Bantul. Bahan baku yang digunakan cukup beragam menyesuaikan pesanan, namun yang paling banyak digunakan kedua sentra tersebut adalah kayu mahoni, sengon dan jati Rinahont, sengon dan jati. Bahan baku kayu ini selain didatangkan dari daerah sekitar Yogyakarta seperti Wonosari dan Cangkringan, juga didatangkan dari beberapa daerah lainnya seperti Blora, Purwodadi, Solo, dan Madiun. Menurut pengakuan M. Toha, pemilik bengkel Nuh Furniture, saat ini tren furniture yang paling disukai konsumen adalah desain minimalis.

Untuk mempercepat perputaran modal dan penjualan furniture, biasanya para pengrajin bekerja sama dengan beberapa pelaku sejenis untuk menjual produk, baik yang ada di daerah sekitar Yogyakarta maupun di luar daerah Yogyakarta dengan sistem konsinyasi. Selain itu ada juga pelayanan penjualan secara kredit dengan uang muka antara 10% hingga 50%. Sejauh ini cara yang cukup efektif untuk perputaran adalah dengan sistem kredit dan juga berdasarkan promosi dari beberapa pelanggan ke rekan- rekannya.

Tidak hanya itu, ada beberapa pelaku usaha yang menggunakan media internet untuk menjaring para pelanggan, cara ini juga cukup berhasil dengan beberapa pelanggan tidak hanya datang dari Yogyakarta, melainkan juga datang dari beberapa daerah lain seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Sumatera hingga Kalimantan. Pemesanan dengan sistem customized, biasanya dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli baik mengenai uang muka, pengiriman ataupun jenis produk. Usbat