Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Home Industri » Strategi Bisnis Usaha Konveksi Rumahan Yang Perlu Kamu Ketahui

Strategi Bisnis Usaha Konveksi Rumahan Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted at July 24th, 2016 | Categorised in Home Industri

Strategi Bisnis Bisnis usaha Konveksi Rumahan tidak berbeda jauh dengan bisnis umum. Langkah awal yang tepat adalah memilih peluang bisnis usaha yang cocok dengan kemampuan diri. Jika Anda ingin membuka bisnis usaha konveksi, Anda harus memiliki pengetahuan dan kemampuan menjahit. Paling tidak Anda harus merekrut karyawan yang ahli di bidang jahit menjahit.

Sebagai gambaran, bisnis usaha di bidang garmen ini bisa dibagi dua, yakni modiste dan konveksi. Modiste biasanya bisnis usaha garmen rumahan yang melayani pesanan perorangan. Maksudnya tiap pakaian yang akan dibuat diukur sesuai ukuran tubuh konsumen, satu per satu. Sedangkan bisnis usaha konveksi biasanya membuat pakaian jenis standar dalam jumlah banyak tanpa perlu melakukan pen gukuran terlebih dulu.

Bagi pelaku bisnis usaha baru disarankan agar memulai bisnis usaha konveksi rumahan dengan membuka modiste. Setelah memiliki pelang gan dan mengerti berbagai jenis ukuran pakaian standar, boleh saja pelaku bisnis usaha membuka usaha konveksi yang lebih besar lagi. Namun bagi Anda yang memiliki modal yang cukup besar, bisa saja langsung membuka bisnis usaha konveksi dan merekrut karyawan yang memiliki keahlian menjahit. Yang penting mengetahui peluang pasar yang akan dituju, sehingga tak salah langkah memulai bisnis usaha garmen rumahan ini. Bila marketing garmen yang dimaksud adalah konveksi, ada dua pasar utama, yaitu dijual ke toko/ kios untuk dijual lagi, atau dijual ke perusahaan misal untuk seragam karyawan.

 

bisnis usaha konveksi rumahan

Image From www.sewmyplace.com

  • Strategi Dalam Bersaing

Persaingan sudah tentu ada, apapun jenis bisnis usaha yang ditekuni. Namun tetap saja akan ada perbedaan segmen pasar yang disasar antara pelaku bisnis usaha besar dan pelaku bisnis usaha kecil. Garmen besar biasanya memproduksi pakaian dalam jumlah besar atau menerima pesanan dalam jumlah banyak. Dengan cara itu, para pelaku bisnis usaha garmen besar ini bisa mer aup keuntungan. Sedangkan untuk orderan pakaian dalam jumlah kecil biasanya jatuh pada konveksi rumahan. Terkadang bisnis usaha konveksi rumahan memiliki keunggulan sendiri, selain jumlah orderan yang fleksibel (tak dibatasi). Meski demikian pelaku bisnis usaha rumahan baik konveksi atau modiste bisa juga menerima pesanan dari perbisnis usahaan seperti membuat seragam karyawan. Teknisnya bisa membuat ukuran all size atau mengukur satu per satu karyawan nya seperti modiste.

  • Cara ntuk memenangkan persaingan

Pelaku bisnis usaha rumahan dituntut agar lebih inovatif sehingga tak mudah ditiru pelaku bisnis usaha besar. Misal saja membuat jas, baju safari, blazer dan sebagainya. Alternatif inovasi bisa dilakukan dengan membuat produk yang pasarnya sempit, tetapi tidak banyak diberi kan pesaing. Contohnya bisa mem buatkan pakaian bagi konsumen yang memiliki ukuran badan tidak normal, misalnya terlalu tinggi, terlalu gemuk atau terlalu kecil. Lantaran sulit mencari pakaian tersebut, dengan demikian pelaku bisnis usaha konveksi rumahan bisa memenangkan persaingan ini.

Strategi jemput bola pun bisa juga diterapkan, misalnya membuat pakaian bayi kemudian menjualnya ke rumah bersalin. Kerja sama dengan pihak rumah sakit pun bisa dilakukan. Pakaian bayi tersebut bisa dijadikan hadiah dari rumah sakit bagi bayi yang baru lahir dengan biaya ditambahkan pada semua biaya persalinan. dengan seperti ini diharapkan potensi terjualnya tinggi.

  • Bisnis konveksi adalah semi jasa

Bila produk dibuat masal dengan SML (small, medium, large) un tungnya kecil. Tetapi bila produk dibuat dengan cara diukur satu per satu, maka pelaku bisnis usaha bisa mematok harga yang tinggi. Un tung dan rugi ditentukan oleh pasar dan efisiensi. Harga tidak dapat ditingkatkan tanpa melihat pesaing. Efisiensi produksi dapat dilakukan dengan mengkaji ulang metode menjahit dan memotong agar lebih cepat dan hemat untuk menekan biaya, sehingga dapat memperoleh laba yang lebih besar.

  • Peluang Ekspor

Sektor tekstil memang mengalami gangguan akibat krisis global. Langkah yang ditem puh, bila akan ekspor perlu dikaji ulang, apakah memang semua negara krisis atau hanya sebagian saja. Kalau yang krisis adalah Amerika dan Eropa, ekspor bisa dilakukan ke Timur Tengah, karena negara tersebut sangat kaya, Meskipun demikian harus disurvei, apa ben tuk atau jenis yang diinginkan dari garmen tersebut di Timur Tengah. Karakteristik untuk pasar yang berbeda, akan berlainan pula. Selera orang Eropa dan Amerika tentu berbeda dengan yang di Timur Tengah. Tidak hanya style yang berbeda, tetapi juga ukuran, warna. Sehingga penting untuk dipelajari terlebih dahulu.

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Strategi Bisnis Usaha Konveksi Rumahan Yang Perlu Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
bisnis usaha e-commerce di indonesia butuh dukungan
Bisnis E-Commerce Di Indonesia Butuh Dukungan

Bisnis  e-commerce di Indonesia bisa jadi primadona baru dalam dunia bisnis ICT saat...

Close