Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Strategi Bisnis » Ingin Berbisnis Di Luar Negeri? Inilah Strategi Yang Harus Kamu Miliki

Ingin Berbisnis Di Luar Negeri? Inilah Strategi Yang Harus Kamu Miliki

Posted at December 24th, 2015 | Categorised in Strategi Bisnis
 
 
Siapa sih yang tidak ingin usaha menjadi sukses? Tidak sedikit orang yang mempunyai keinginan seperti itu, punya usaha di luar Negeri ? ni menarik untuk kita bahasa. mempunyai usaha di luar Negeri bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan usaha Anda, dan tentunya ini adalah tantangan sekaligus peluang yang potensial untuk dijalankan.
 
Dalam membuka bisnis di luar Negeri konsepnya hampir sama dengan membuka bisnis didalam negeri, perbedaannya hanya terletak pada karakter orangnya, tipikal dan karakter calon konsumen di luar Negeri belum tentu sama dengan karakter orang-orang yang ada di Negeri kita (Indonesia) cermati dan telah lebih lanjut mengenai hal ini, agak nantinya bisnis yang kita dijalankan di luar negeri bisa sukses dan berkembang.
 
Ada 2 pilihan strategi yang dapat Anda terapkan, yaitu kembangkan usaha Anda dari dalam negeri ke luar Negeri atau Anda membuka usaha baru di luar Negeri.
 
 bisnis usaha perhiasan yang menguntungkan
 
 

1. Mengembangkan usaha di luar negeri

Salah satu strategi ini dapat anda lakukan jika Anda sudah memiliki dan menjalankan bisnis di dalam Negeri, syarat yang perlu Anda perhatikan sebagai pelaku usaha adalah :

  1. Merk produk yang Anda miliki telah banyak dikenal di dalam Negeri
  2. Telah memiliki relasi penjualan dan track record yang baik di Negeri sendiri
  3. Dimata masyarakat produk Anda memiliki nilai positif dan image yang baik.

Ketiga point diatas sangat penting kenapa? Karena akan menjadi modal besar bagi pelaku usaha untuk “menjual, mempromosikan brand dan juga produknya ke luar Negeri, dan juga berfungsi sebagai porfolio yang baik untuk menghadapi pesaing yang memiliki kesamaan dengan cara berbisnis Anda.

Jika product atau bisnis usaha kita sudah mapan, kita telah di untungkan oleh strategi eskpansi yang bisa kita ambil, dibawah ini beberapa cara dan strategi yang bisa kita ciptakan ketika kita ingin melakukan ekspansi bisnis keluar Negeri.

  1. Membuka cabang
  2. Membuka franchise
  3. Melakukan join venture

Dari 3 point ekspansi diatas, tentunya harus  Anda sesuaikan dengan visi dan misi serta rencana bisnis yang ingin Anda ambil untuk mengembangkan bisnis usaha Anda kedepannya.

Hal–hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha di luar negeri

1. Membuka usaha baru di luar negeri

Point yang ke 2 atau cara yang ke 2 yang bisa Anda ambil sebagai pelaku usaha adalah dengan langsung membuka dan memulai bisnis di Negara tersebut, keuntungan dari cara ini, Anda bisa langsung merintis aktifitas usaha kita dinegara tersebut, tanpa perlu lagi merintis usaha di Negara sendiri. biasanya point ini di ambil oleh para pelaku usaha kecil ataupun usaha individu,karena dalam segi biaya akan lebih terjangkau dan lebih mudah untuk di implementasikan.

Tantangan dalam hal ini adalah anda harus betul–betul cermat dan jeli melihat peluang bisnis yang akan Anda masuki, tantangan lainnya adalah bagaiman cara kita membangun image dan brand dari nol, karena konsumen belum mengenal dan belum memiliki referensi mengenai produk yang ingin kita jual, olehnya itu ketika merintis usaha dari awal, power word of mouth merupakan media promosi yang paling efektif.

Setelah anda menentukan pilihan dan strategi anda untuk membuka bisnis usaha di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu :

2. Pasar di luar negeri

Pastikan dari awal apakah produk yang akan Anda jual memiliki market yang bagus diluar Negeri, dan pastikan juga apakah market tersebut sifatnya hanya sementara atau bersifat tetap.

3. Distribusi

Hal ini tak kalah pentinganya mengenai distribusi, Anda harus memahami sistem distribusinya, dimulai dari distribusi pengadaan bahan baku dan juga distribusi produknya yang didalamnya termasuk biaya distribusi atau sarana dan prasarana pendukung lainnya.

4. Kebijakan pemerintah setempat

Kebijakan pemerintah di Negara tersebut akan menentukan arah dan potensi usaha kita, karena itu kita juga harus memahami dan mengetahui bagaimana sistem perdagangan yang berlaku di Negara tersebut, serta legitimasi yang perlu dipenuhi untuk menjalankan bisnis usaha di Negara tempat dimana kita akan menjalankan bisnis.

Budaya dan karakter penduduk setempat penting untuk Anda ketahui juga, dengan demikian Anda dapat mempertimbangkan dan mengukur produk Anda apakah sudah sesuai dengan minat dan kebiasaan penduduk, jika Anda sudah mengetahui Anda dapat memikirkan apakah Anda perlu memodifikasi produk agar sesuai dengan karakter dan kebiasaan penduduk local ataupun tidak.anda bisa tentukan sendir salam.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Ingin Berbisnis Di Luar Negeri? Inilah Strategi Yang Harus Kamu Miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
mencari peluang bisnis usaha yang baik
Cari Dan Temukan Ide Bisnis Yang Inovatif

  Keraguan yang paling sering dialami pemula ketika hendak memulai terjun ke Dunia...

Close