Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Home Industri » Tempat Usaha Pengrajin Sepatu Berkualitas, Yang Wajib Kamu Datangi

Tempat Usaha Pengrajin Sepatu Berkualitas, Yang Wajib Kamu Datangi

Posted at August 3rd, 2016 | Categorised in Home Industri

Pasar Tanah Abang, Jatinegara, Taman Puring di Jakarta memang sudah kesohor sebagai grosirnya sepatu kulit, sepatu pantofel, dan sepatu olahraga dengan harga yang super murah. Begitu juga dengan Cibaduyut Bandung juga dikenal sebagai sentra perajin sepatu kutit. Nah, kini selain tempat-tempat tersebut, ada alternatif tempat yang bisa dijadikan tujuan Anda untuk méndapatkan sepatu dengan harga murah namun tetap mengikuti tren yakni daerah sentra perajin sepatu di Tangerang, Bogor, dan Medan. Seperti apa kilasannya?.

Bogor dan Medan, Sentra sepatu kantoran up to date Komoditas sepatu kulit dari imitasi merupakan produk unggulan Kabupaten Bogor. Sentra sepatu ini berada di beberapa daerah seperti Ciomas, Ciapus, Cibogel, dan Cikaret. Sentra perajin sepatu di Ciomas dan Ciapus tumbuh sejak puluhan tahun silam karena sebagian besar penduduknya bekeja di pabrikan sepatu berbagai tempat. Setelah mengetahui cara pembuatan dan bahan baku yang digunakan mereka pun membuka usaha pembuatan sepatu di rumahnya masing masing.

 

pengrajin sepatu cibaduyut

Pengrajin Sepatu Di Cibaduyut – Image From http://paketbandung.com/

 

Lambat laun industri kerajinan yang dikerjakan skala rumah tangga menyebar ke beberapa titik di daerah Bogor dan menjadi salah satu pencaharian masyarakat daerah setempat. Untuk menuju sentra di Bogor ini tidaklah sulit, mengingat banyak angkutan umum menuju sentra tersebut. Dan lokasi sentra antar sentra berjarak sekitar 10-15 km dari pusat kota Bogor dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun angkutan umum.

Lain halnya sentra sepatu kulit di Medan yang berada di Pusat Industri Kecil di daerah Menteng, Kecamatan Medan Denai, Medan. Untuk mencapai daerah tersebut, dari Bandara Internasional Polonia, Anda bisa mengambil jalan ke arah Jalan Halat lalu belok kanan menuju arah Menteng dan dikiri jalan terdapat penunjuk jalan arab Pusat lndustri Kecil. Perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menit, mengingat jalan menuju arah ini cukup ramai. Di sepanjang jalan menuju sentra ini terdapat konveksi rumahan yang berada di pinggir jalan hingga ke dalam gang.

Sentra di kawasan Medan ini dimulai pada tahun 1996, oleh Ahmad Harahap yang sudah lama menekuni kerajinan sepatu. Namun sayang karena knisis yang masih mendera, saat ini di kawasan P1K hanya tinggal 10 perajin pembuat sepatu. Meskipun demikian sentra ini memiliki pelanggan tetap yakni, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam yang memesan sepatu untuk pegawai setiap tahunnya dalam jumlah besar, selain itu beberapa pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Sumatera yang juga memesan sepatu ini.

Produk Bahan Baku. Perajin sepatu di daerah Ciomas-Bogor secara garis besar berbeda dengan perajin sepatu di daerah Ciapus. Di Ciomas kebanyakan perajin membuat sepatu pantofel/kantoran dengan model hak tinggi (high heels), sedangkan di Ciapus lebih banyak dibuat sepatu trepes atau sering disebut sepatu balet. Ukuran yang ditawarkan masing-masing perajin di kedua daerah adalah ukuran sepatu dewasa rata-rata ukuran 36-41. Model yang dibuat seringkali mengikuti tren yang Sedang in di pasaran.

Di daerah sentra biasanya produk yang ditawarkan jauh lebih murah daripada harga jual di pasar berkisar Rp 350 -500 ribu per kodi (20 pasang) dan jika dibeli di pasar grosir mencapai Rp 410-700 ribu/ kodi. Bahan baku yang digunakan perajin Ciomas dan Ciapus banyak dijual di toko-toko perlengkapan sepatu di daerah sentra. Selain bahan kulit asli, bahan lain yang dipakai yakni kulit imitasi untuk sepatu.

pantofel, bahan bludru, kanvas, alas kaki/sol, lem dll. Untuk sentra Medan, bahan baku adalah kulit dengan mayoritas produk memenuhi kebutuhan untuk pegawai kantoran. Bahan baku untuk membuat produk yakni kulit baik kulit asli maupun sintetis. Jenis kulit yang digunakan ada dua macam yakni kulit tapakan yang digunakan untuk membuat bagian atas sepatu dan kulit tapakan yang digunakan untuk membuat bagian bawah Sepatu.

 

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Tempat Usaha Pengrajin Sepatu Berkualitas, Yang Wajib Kamu Datangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
PERTAMINA REMPOA
Ingin Memulai Bisnis SPBU? Inilah Langkah-Langkah Yang Harus Kamu Pahami

Pelaku usaha yang ingin terjun dalam bisnis SPBU disarankan memakai SPBU milik pemerintah...

Close