Tips Berbisnis Batu Permata Secara Online

Bisnis-usaha.com ~ Kini batu permata tidak hanya diminati oleh kaum hawa, namun laki-laki pun mulai memburu batu permata atau akik. Tidak hanya dijadikan hiasan, namun juga telah menjadi investasi yang menggiurkan melebihi emas. Harganya yang makin meningkat bahkan dapat mencapai ratusan juta untuk jenis tertentu sangat menggiurkan sebagai peluang berbisnis batu permata.

Tips Berbisnis Batu Permata Secara Online

Trend bisnis batu mulia sempat memunculkan fenomena baru, batu yang dulunya hanya dipandang sebelah mata kini setelah dipoles dapat dijual dengan harga berkali lipat. Bisnis ini juga menjadi lapangan pekerjaan baru yakni sebagai penambang batu, pengasah batu akik dan perajin. Bila dulu batu mulia hanya dijual di toko namun kini batu mulia juga dijual melalui media online seperti website seperti di situs deanpermata.com, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin berbisnis batu mulia melalui media online, berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1. Pelajari jenis-jenis batu mulia atau akik
Anda gemar mengkoleksi batu atau hanya sekedar suka? Bila Anda ingin berbisnis batu mulia, pelajari berbagai jenis batu mulia dan keistimewaannya. Hal ini berguna agar Anda tidak tertipu perajin atau penjual batu mulia saat membeli dan dapat menjelaskan batu mulia tersebut ketika Anda menjualnya kembali kepada pembeli baru.
Anda juga harus paham ciri-ciri batu mulia asli yaitu memiliki unsur dingin saat disentuhkan ke kulit wajah dan mudah mendingin saat dibakar serta tidak rusak atau meleleh saat dibakar. Ciri lainnya, memiliki serat dan tidak mudah lecet karena memiliki kandungan kristal yang tinggi. Perhatikan pula harganya, karena harga batu mulia yang sangat tinggi biasanya disertai sertifikat yang dapat menunjukkan nama batu, nomer identitas batu, warna, berat, bentuk, dimensi dan cap resmi perusahaan yang mengeluarkan batu tersebut.

2. Menentukan segmen pasar.
Tentukan pasar Anda apakah akan dijual kepada perajin atau penikmat terakhir perhiasan batu mulia dalam bentuk sudah jadi seperti cincin, liontin, gelang dan lain-lain. Anda dapat menjual batu mulia dalam bentuk bongkahan kepada perajin atau batu yang telah diasah yang sudah memunculkan seratnya hanya tinggal potong sesuai bentuk yang diinginkan dan lain-lain. Bila Anda enggan membentuk tim yang terdiri dari pemasang bingkai, pengasah atau menghaluskan batu tersebut, Anda dapat mencari sendiri batunya, lalu membayar pengasah batu untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda dapat menentukan harga jual kembali setelah ditambah dengan ongkos pembuatan. Karena bila Anda membentuk tim, tentu ada bagi hasil yang harus dibicarakan.

3. Lakukan survey pasar.
Carilah informasi sebanyak mungkin batu mulia apa yang paling banyak dicari dan apa keistimewaanya, cari pula informasi harga batu mulia dari yang paling murah dan mahal. Lakukan survey di sekitar daerah tempat tinggal Anda, bila bisnis batu mulia Anda sudah mulai berkembang, Anda dapat mencari batu mulia dari daerah lain, bergabunglah dengan komunitas pebisnis batu mulia agar lebih mudah mendapatkan berbagai informasi seputar bisnis batu mulia.

4. Melakukan inovasi
Untuk menghindari kejenuhan pasar, lakukan terobosan dan inovasi produk batu mulia Anda. Inovasi juga untuk meningkatkan nilai harga batu mulia yang Anda jual.

5. Promosi
Anda dapat bekerja sama dengan photographer freelance agar dapat memotret sisi indah dari batu yang tentu saja akan menarik perhatian para calon pembeli untuk membeli batu permata Anda via online. Sebab di dunia online, gambar atau foto yang baik akan menarik lebih banyak audiens untuk melihat dan mengakses website atau sosial media yang Anda gunakan sebagai etalase jualan batu mulia Anda.

Bagaimana? Makin tertarik melakoni bisnis batu permata secara online? Semoga tulisan di atas dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin berbisnis batu mulia.