Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Kost

Bisnis-usaha.com ~ Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat seiring dengan makin bertambahnya jumlah populasi orang di suatu tempat. Terutama bila tempat tersebut terdapat kawasan industry, perguruan tinggi dan kawasan wisata. Apalagi harga tanah dan rumah makin melambung tinggi yang menyebabkan sebagian orang masih belum mampu membeli rumah sendiri.
Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Kost
Kondisi seperti ini memunculkan peluang usaha baru yaitu peluang usaha rumah kost, homestay atau penginapan. Terutama rumah untuk kos adalah peluang usaha yang cukup menarik, besaran modalnya memang relative besar, namun Anda dapat menyiasatinya dengan perencanaan yang matang.

Bagi Anda yang sudah memiliki rumah yang cukup besar atau sisa tanah cukup luas, dapat membangun petak-petak kamar baik bagi karyawan, pelajar atau mahasiswa. Namun bila rumah Anda tidak terlalu besar, seperti misalnya rumah type 45, Anda dapat membuat sekat permanen yang dapat membagi satu ruangan keluarga menjadi 2 kamar yang cukup dihuni untuk 1 orang penyewa.

Cara lain untuk memiliki usaha rumah kost adalah dengan menyewa bangunan yang sudah memiliki beberapa kamar, misalnya 2 hingga 3 kamar di lokasi yang strategis, lalu Anda dapat menyewakan kamarnya kepada mahasiswa atau pekerja yang masih lajang, namun bila luas kamar bisa memungkinkan untuk menampung keluarga muda tanpa anak, tempat tersebut juga dapat disewakan untuk mereka.

Mengapa peluang usaha rumah kost cukup menguntungkan dan banyak diminati ? Berikut ini adalah keuntungan memiliki usaha kost :
Dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk karyawan yang sibuk
Seorang karyawan atau pekerja yang telah terikat dengan jam kerja, tentunya kesulitan bila memiliki bisnis yang menyita waktu istirahat atau bekerja mereka. Namun dengan memiliki usaha kost, mereka hanya tinggal menunggu pembayaran yang dilakukan oleh para penyewa. Kalaupun ada aktifitas dari pemilik kost, biasanya hanya mengawasi atau datang ke rumah kost tersebut seminggu atau 2 minggu sekali.

Bisnis yang cukup mudah dilakukan, karena Anda hanya menyediakan tempat, furniture standar seperti lemari dan tempat tidur serta fasilitas lain seperti listrik ( lebih hemat dengan system token yang harus dibeli oleh para penyewa ) dan air bersih. Atau hanya menyediakan ruangan saja, sedangkan para penyewa sendiri yang membawa furniturenya.

Penghasilan yang pasti dan merupakan passive income karena Anda tidak perlu bekerja keras mengelola bisnis ini. Anda dapat menentukan cara pembayaran, apakah setiap bulan, langsung 1 tahun dan lain-lain. Sesuaikan pula harga sewa sesuai latar belakang para penyewa, bila sasaran rumah kost Anda adalah para pekerja, Anda dapat membuat harga yang lebih tinggi daripada rumah kost untuk mahasiswa.

Sebelum memulai usaha rumah kost, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini :
Memilih lokasi yang tepat
Biasanya lokasi yang banyak dicari adalah dekat dengan universitas, tempat kerja atau tempat wisata yang biasanya membutuhkan homestay atau rumah sementara untuk para wisatawan dari luar negeri. Meskipun tidak terlalu dekat dengan tempat-tempat tersebut, usahakan lokasi rumah kost Anda tidak terlalu jauh dari jalan raya dan mudah diakses kendaraan umum.

Tentukan target penyewa rumah kost Anda
Anda dapat menentukan apakah tempat kost tersebut khusus kost putri atau putra atau pekerja dan keluarga. Sesuaikan pula dengan besaran tempat atau kamar kos. Memiliki tempat kost putri atau putra memang relative membutuhkan pengawasan yang lebih ketimbang tempat kos untuk keluarga. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang-orang yang tinggal di sekitarnya, seperti menentukan jam kunjungan tamu, cara menerima tamu dan lain-lain.

Rencanakan tempat yang nyaman
Tempat kost yang baik tentunya yang nyaman, aman dan bersih. Usahakan letakkan dapur bersama di luar kamar agar mudah ditangani bila terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kelengahan para penyewa. Tempat yang nyaman tidak harus mewah, sebab fasilitas yang mewah juga akan menyebabkan tingginya harga sewa.

Tentukan harga sewa sesuai dengan target penyewa yang Anda inginkan, apakah akan disewa oleh mahawasiswa, pelajar, pekerja dan lain-lain.

Demikian informasi tentang peluang usaha rumah kost dan cara memulainya, semoga bermanfaat.