tips sukses bisnis kerajinan sulam di rumah

Bisnis-usaha.com ~ Tahukan Anda, bahwa bisnis kerajinan sulam di rumah memiliki potensi yang sangat besar. Ditilik dan segi produk, tentu produk ini memiliki kelebihan karena merupakan produk sulam tangan (hand made) sehingga bisa disesuaikan dengan selera atau keinginan tiap konsumen yang memesannya. Namun karena produk hiasan sulam pita seperti tutup galon, kulkas, sarung bantal, sudah banyak beredar di pasaran maka mau tidak mau Anda harus membuat keunikan atau pembeda dari produk yang sudah ada dan banyak dipasaran.

tips sukses bisnis kerajinan sulam di rumah

Sebagai contoh dan segi penyesuaian pesanan atau model. Tawarkan bahwa produk sulam Anda bisa disesuaikan benar-benar sesuai dengan keinginan konsumen. Konsumen bisa menentukan warna, model, tulisan, atau bentuk sulaman yang lain sesuai dengan seleranya. lstilahnya customization.

Kalau sudah memiliki pembeda atau nilai lebih ini, sekarang kita bahas pasar mana yang bisa dimasuki. Pertama, secara konvensional Anda bisa titipkan hasil sulaman ini ke hypermarket atau toko tertentu di pusat pembelanjaan. Sekarang ini banyak hypermarket yang menyediakan ruang (space) untuk diberikan ke UKM (usaha kecil menengah) sebagai bagian dan program CSR mereka. Anda bisa titipkan barang Anda dengan sistem konsinyasi. Artinya kalau laku pihak ritel yang membayar kalau belum laku Anda juga tidak perlu membayar sewa.

Kedua, produk sulaman ini memiliki potensi pasar untuk ditawarkan ke hotel, rumah makan, atau café. Anda bisa tawarkan untuk hotel atau cafe dengan desain yang disertai sulaman logo atau merek hotel/ café. Sebagai contoh untuk sarung bantal, Anda tawarkan ke pihak hotel kalau Anda mampu membuatkan sarung bantal sofa dengan desain dan pemuatan logo hotel mereka. Pihak hotel akan tertarik karena akan menguatkan merek atau logonya di tamu yang menginap. Anda bisa tawarkan pernak-pernik yang diinginkan pihak hotel dengan penyesuaian desain atau logo mereka. Jadi di alternatif kedua ini, buatlah penawaran ke pihak hotel, perusahaan, atau café yang disesuaikan dengan logo atau tema mereka.

Cara ketiga untuk sukses bisnis kerajinan sulam di rumah adalah bekerja sama dengan pebisnis desain interior. Desain interior mengerjakan proyek-proyek menyangkut pendesainan ruangan rumah, apartemen, atau perkantoran. Para pebisnis desain interior ini akan mendesain sesuai produknya dengan acara. Sebagai contoh EO pernikahan, sering kali membutuhkan pemasok suvenir. Hasil sulaman Anda bisa ditawarkan sebagai suvenir pernikahan misalnya tempat tisu dengan inisial nama pasangan mempelai. Atau misalnya EO promosi perusahaan membutuhkan cendera mata dengan tema atau kestandaran ruangan. Jadi mereka sangat membutuhkan barang-barang yang senada dengan ruangan. ini membuka peluang bagi penawaran produk Anda. Anda bisa tawarkan kerja sama untuk memasok keperluan desain interior dalam hal cover bantal, sofa, dan sejenisnya. Juga, Anda dapat mengajak kerja sama dengan pengelola acara atau event organizer. Anda bisa tawarkan sesuai keinginan EO dan acaranya. Jadi lakukan jejaring kerja sama sebanyak mungkin.

Pilihan keempat adalah menawarkan ke pasar ekspor atau luar negeri. Sejatinya, orang di luar negeri sangat menghargai produk-produk yang dibuat dengan tangan (handmade). Lalu bagaimana caranya supaya produk kita sampai dikenal di luar negeri? Manfaatkan internet. Anda bisa membuat website sendiri atau memakai website yang menyediakan ruangan gratis seperti Blogspot atau sejenisnya. Juga Anda bisa pajang di akun Facebook, Youtube atau Twitter Anda atau BBM Anda kalau memakai BlackBerry. Manfaatkan sebanyak mungkin website untuk menampilkan produk Anda. Jangan segan mengunjungi forum-forum internet yang membahas tentang kerajinan dan Anda mengirimkan komentar atau gambar Anda sembari numpang iklan gratis. Lakukan iklan gratis di Internet sebanyak mungkin.

Semoga Sukses..!