Bisnis usaha : Evaluasi Di Masa Lalu Merupakan Langkah Awal Terhadap Visi Di Masa Depan

HOME
Home » Bisnis Usaha » Trend Dan Pemasaran Kosmetik Herbal Semakin Berkembang

Trend Dan Pemasaran Kosmetik Herbal Semakin Berkembang

Posted at August 13th, 2016 | Categorised in Bisnis Usaha

Yang mendasari peluang bisnis usaha kosmetik herbal, dalam hal ini tren kosmetik berkembang pesat seperti Kusumadewi Sutanto, beauty therapist Mustika Ratu menjelaskan saat ini perkembangan kosmetika sudah mengarah ke alam berbahan herbal. Hal itu karena risiko timbulnya alergi kulit rendah, tanpa pengawet kimia, dan menggunakan bahan-bahan herbal seperti daun-daunan, buah dan bunga. Saat ini kosmetika herbal berupa cream masih paling banyak peminatnya, seperti cream penghalus dan pemutih wajah. Sedangkan tren terbaru produk kosmetika herbal saat ini adalah cream jerawat karena jerawat menjadi salah satu problema bagi kulit wajah wanita.

Maklon. Bagi pemula usaha kosmetika herbal sebaiknya pada saat memulai usaha bermitra dengan perusahaan kosmetika herbal yang menawarkan jasa produksi (maklon) apalagi untuk menghasilkan produk kosmetika yang memiliki izin BPOM memerlukan pengurusan rumit seperti uji produk di laboratorium. Pihak pemesan hanya menyediakan formula bahan yang akan diracik, bahan baku dan kemasan. Sedangkan jasa maklon akan melakukan proses produksi seperti mixing dan filling (pencampuran dan pengisian bahan ke kemasan) dengan ongkos maklon minimal Rp 5 ribu per pes produk dan minimal pemesanan sebanyak 500 lusin.

Kelebihan lain produk yang dibuat semaksimal mungkin natural, tanpa bahan kimia, tidak menggunakan pewarna buatan atau essence tapi dari bahan herbal asli. Menurutnya, yang cukup banyak diminati konsumen adalah produk kosmetika untuk menghilangkan selulit. Bahan baku herbal berupa VCO, ekstrak buah, dan rumput laut paling dominan digunakan dikombinasikan dengan bahan herbal lain.

 

 bisnis usaha herbal kosmetik

Image From rmcluniverse.wordpress.com

 

Bagi pelaku usaha yang ingin mendalami sendiri usaha ini sekaligus mengetahui formulasi bahan herbal yang digunakan untuk membuat kosmetika herbal, bisa pula mengikuti kursus kosmetika herbal antara lain Kursus Spa dan Herbal Kosmetik seperti cara membuat milk cleanser, lulur jawa, hand bodi lotion, cream massage dan Iain-Iain dengan semi private biaya Rp 1,5 juta per 5 resep.

Strategi Jitu Pemasaran. Cara memasarkan usaha ini yang cukup efektif antara lain menawarkan sistem keagenan dan distributor, mengikuti event pameran kecantikan, menjalin kerja sama dengan para dokter yang memiliki spesialisasi atau pengetahuan di bidang herbal untuk memberikan edukasi kosmetika herbal sehingga lebih meningkatkan keyakinan konsumen. Selain itu kerja sama dengan kalangan artis yang punya noma untuk memakai produk tersebut, apalagi jika artis tersebut bisa memberikan info mengenai manfaat kosmetika herbal. Jika sudah ada model (promotor) maka citra produk bisa meningkat, karena selama ini herbal terkesan kunodan tradisional sehingga dari sisi kemasan juga harus tampil menarik. produk kosmetika herbal ini memiliki market yang masih terbatas karena baru diminati oleh masyarakat yang sangat sadar atas keamanan produk dan tidak mau menggunakan kosmetika kimia. Biasanya produk kosmetika herbal sangat diminati kalangan wanita usia di atas 40 tahun ke atas yang kulitnya sudah mulai rapuh. Cara pemasaran efektif untuk usaha ini bisa menggunakan sistem MLM atau promosi di jejaring sosial, media cetak maupun online serta membuka outlet di lokasi usaha yang banyak menjual produk kosmetika yang dikunjungi wanita usia 40 tahun ke atas.

Namun yang menarik dengan produk herbal, saat ini seiring dengan kesadaran masyarakat yang tinggi, produk herbal yang tadinya disukai kalangan menengah, mulai disukai kalangan menengah atas yang selama ini menggunakan atau sangat percaya dengan produk impor.

Dalam hal persaingan usaha, untuk saat ini masih rendah kecuali jika pengguna banyak yang beralih menggunakan produk ini, maka persaingan usaha akan lebih sengit. Selain itu kosmetika herbal belum banyak produsennya. Pangsa pasar juga masih terbatas pada konsumen yang benar-benar ingin perawatan alami serta mereka yang memiliki kulit sensitif yang biasanya dialami wanita usia di atas 40 tahun.

 

BerbagiShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInDigg thisPin on Pinterest

Admin

Saya bukan siapa siapa, saya hanyalah seorang pengangguran yang senang mempelajari hal-hal baru di Internet. dan menuangkan waktu dalam tulisan dan inspirasi, semoga setiap artikel yang saya tulis selalu bermanfaat buat Anda.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle PlusYouTube

Tags :

No comment for Trend Dan Pemasaran Kosmetik Herbal Semakin Berkembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi Kampoeng Bisnis Usaha

 banner web bisnis usaha batu permata

ARTIKEL KEREN LAINNYA...!
restaurant design
Usaha Desain Interior Kafe Makin Diminati Dari Tahun Ke Tahun

Prospek produk perabot usaha kuliner ke depan sangat baik, karena membaca situasi dalam...

Close