Trik menemukan ide usaha startup potensial

Bisnis-usaha.com ~ Di era digital seperti hari ini, startup atau usaha rintisan semakin berkembang layaknya jamur di musim hujan. Tidak heran mengapa startup kian happening karena keterbukaan informasi menjadikan banyak orang mampu menemukan hal-hal baru setiap harinya. Namun tidak semua pebisnis startup bisa sukses dengan mudah, terutama karena mereka gagal menggali ide usaha startup yang cukup potensial dan juga original. Karena sifatnya yang ‘fresh’, seorang startup entrepreneur mesti menggunakan intuisi dan juga daya imanjinasinya untuk menemukan berbagai ide bisnis usaha startup yang potensial.

Trik Dapatkan Ide Usaha Startup yang Potensial

Untuk memandu Anda menemukan model bisnis startup yang tepat dan memiliki potensi yang baik, berikut kami hadirkan beberapa trik mendapatkan ide usaha startup yang sangat potensial. Sebelum memulai bisnis usaha startup, proses brainstorming idea atau penggalian berbagai konsep dan ide usaha merupakan hal penting dan dapat menjadi penentu kesuksesan startup di masa depan. Bagaimana caranya agar proses brainstorming idea ini efektif? Berikut beberapa jawabannya dibawah ini:

  • Untuk menggali berbagai ide usaha kreatif yang potensial, Anda harus melakukan berbagai kegiatan pengumpulan ide-ide yang sedang happening di market global maupun lokal. Hal pertama yang harus kamu gali adalah tipe konsumen seperti apa yang ingin Anda bidik, apakah anak-anak, remaja, atau dewasa.
  • Setelah itu baru Anda membuat model bisnis yang paling tepat, misal: bisnis usaha kaos. Setelah itu Anda juga mesti melihat berbagai ide-ide usaha lainnya seperti harga, desain ataupun hal-hal mendetail lainnya.
    Kembangkan semua ide-ide usaha tersebut, hingga terkumpul sangat banyak, baik yang tertera di dokumen ataupun kepala Anda.
  • Jangan biarkan ide-ide tersebut menumpuk, lakukan evaluasi terhadap ide-ide usaha tersebut dengan cara memfokuskan pada ide-ide mengenai pengguna potensial, konsumen potensial, dan suplier potensial.
  • Dengan proses brainstorming idea ini, Anda bisa membangun fondasi bisnis usaha startup dengan akurat.

Kegiatan brainstorming memang menjadi kunci utama apakah ide usaha yang telah digali tersebut disukai pasar atau tidak. Namun tahukah Anda terdapat beberapa jenis penggalian ide usaha startup, yang masing-masing memiliki karakteristiknya masing-masing, berikut ulasannya.

Ide-Ide Spontan
Ide-ide spontan lahir dari momen-momen yang tidak diprediksi sebelumnya. Sebagai contoh saat Anda mandi tiba-tiba muncul dalam pikiran sebuah ide usaha startup yang sangat brilian. Saat itulah Anda merasa bahwa ide usaha ini tidak dimiliki orang lain. Inilah yang disebut dengan ide-ide spontan, jadi jika Anda kebetulan mengalami momen-momen seperti yang telah diilustrasikan diatas, maka sebagai pebisnis Anda jangan pernah mengacuhkannya.

Ide-Ide Khusus
Jika Anda seseorang yang telah lama berkecimpung di dunia pemrograman, maka Anda akan menemukan berbagai pengetahuan mengenai pemrograman tersebut. Anda juga akan menemukan berbagai masalah-masalah saat Anda bekerja sebagai seorang programmer. Masalah-masalah atau kelemahan-kelemahan yang berhubungan dengan dunia pemrograman tersebut akhirnya menjadi ide usaha startup yang sangat potensial, karena Anda berusaha untuk memberikan solusi bagi banyak orang.

Ide-Ide Yang Disengaja
Ide-ide yang disengaja tidak lahir dari proses brainstorming namun dari keinginan Anda untuk memulai sebuah bisnis startup. Biasanya ide usaha tersebut muncul karena Anda sudah jengah dengan pekerjaan Anda yang monoton. Akhirnya dengan letupan hasrat untuk berubah maka lahirlah ide-ide usaha startup tersebut.

Itulah beberapa trik mendapatkan ide usaha startup yang potensial. Untuk membangun bisnis usaha startup memang tidaklah mudah, namun dengan ketekunan dan kemauan tinggi untuk terus belajar, maka kesuksesan pun akan menyusul.